Empat Elemen Masyarakat Aksi Cegah Corona

img
Aksi penyemprotan disinfektan yang dilakukan empat elemen masyarakat pemerhati lingkungan di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Kotaagung--Merebaknya penularan virus corna mengundang keprihatinan seluruh pihak. Tidak hanya pemerintah, berbagai elemen masyarakat pun ikut berperan aktif melakukan  upaya pencegahan penularan virus tersebut.

Di Kabupaten Tanggamus, upaya pencegahan penularan virus corona dilakukan empat elemen dan komunitas pemerhati lingkungan: Lembaga Konservasi dan Lingkungan Hidup Lingakar Nature Tanggamus (LINTANG) bersama Komunitas Pecinta Alam (KPA), Anak Cinta Alam Kotaagung (ACAK) dan ARSEDA Coffee.

Keempat elemen dan komunitas tersebut secara swadaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan wilayah Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, Minggu (5-4-2020).

Ketua Lintang Ibnu Hiban mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan itu adalah bentuk kepedulian dan peran aktif membantu pemerintah mencegah penularan virus corona, khsusnya di Kabupaten Tanggamus.

"Ini adalah bentuk kepedulian membantu pemerintah, sekaligus sosialiasi pada masyarakat terkait upaya pencegahan penularan virus corona," kata Ibnu pada Harianmomentum.com.

Hal senada disampaikan Syahrullah kordinator pelaksana kegiatan tersebut. Menurut dia, penyemprotan tersebut melibatkan 30 orang anggota perwakilan emlat komunitas pemerhati lingkungan.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu mematahui instruksi pemerintah dalam upaya pencegahan penularan virus corona," kata Syahrullah.

Masyarakat juga, lanjut dia, diajak untuk selalu menerapkan polah hidup bersih dan sehat: rutin mencuci tangan menggunakan sabun, rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi dan berjemur di sinar mata hari pagi.

"Terpenting kita mengimbau masyarkat untuk tetap di rumah. Jangan berkumpul atau mengikuti kegiatan yang dihadiri orang banyak. Semua ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona," terangnya. (**)

Laporan: Galih

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos