Peduli Covid-19, PT BCN Fasilitasi Desa Penyangga

img
PT BCN menyalurkan bantuan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bungamayang--PT Buma Cima Nusantara (BCN) yang mengelola dua kebun tebu dan pabrik gula (Bungamayang dan Cintamanis) menfasilitasi warga sekitar dalam mengantisipasi wabah Covid-19. 

Di dua industri gula itu, anak perusahaan PTPN VII ini langsung bergerak ketika pemerintah mengumumkan Indonesia termasuk pandemi Corona, akhir Maret 2020 lalu.

“Begitu diumumkan (Indonesia masuk pandemi Corona), kami langsung bergerak. Kami berkoordinasi dengan pihak kecamatan sekitar dan besoknya langsung memberikan bantuan tandon air tempat cuci tangan, dan penyemprotan disinfektan,” kata Putu Sukarmen, Direktur Utama PT BCN, Kamis (9-4-20).

Eskalasi penyebaran virus terus diikuti kebijakan pemerintah membentuk Gugus Tugas Covid-19. Hal ini juga diikuti PT BCN dengan membentuk Satgas Covid-19 PT BCN yang diketuai Tri Widiyanto. 

Pembentukan Satgas ini, kata Putu, untuk mendelegasikan secara khusus kepada tim agar segera  menyusun rencana kerja tanggap darurat Covid-19.

Di bawah kendali Satgas ini, kata Putu, pihaknya terus bergerak melakukan indetifikasi masalah dan lanagsung mengeksekusi kebijakan. Satgas diberi kewenangan untuk melakukan langkah cepat yang terukur agar lingkungan perusahaan dan desa-desa sekitar perusahaan dapat mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Atas arahan Direksi PTPN VII, kami langsung bentuk Satgas Covid-19 di PT BCN dan langsung bekerja. Tim kami beri mandat untuk mengambil keputusan cepat dan terukur. Sebab, virus ini sangat cepat penyebarannya. Lengah sedikit, bisa runyam,” kata Putu.

Instruksi dari manajemen juga langsung direspons oleh PG Bungamayang. General Manager PT BCN Unit Bungamayang Bambang Hartawan juga langsung bergerak.

“Sehari setelah diumumkan, kami langsung diperintahkan manajemen mengambil langkah. Dan alhamdulillah, kami langsung kordinasi dengan pihak Kecamatan Bungamayang untuk mengambil langkah cepat. Besoknya, kami bawa bantuan wastafel untuk kantor kecamatan dan tiga desa, lengkap dengan tandon air untuk cuci tangan, sabun, disinfektan, dan lainnya,” kata Bambang didampingi Azwar, Asisten Kepala SDM dan Umum Unit Bungamayang. Bantuan tandon air cuci tangan dan penyemprotan disinfektan ini dilakukan bertahap. Sampai 9 April 2020,  PG Bungamayang menyalurkan bantuan tandon air cuci tangan untuk tujuh tempat. Yaitu, kantor Kecamatan Bungamayang, Desa Negara Tulangbawang, Desa Tulangbawang Baru, Puskemas Tulangbawang Baru, Kota Napal, Sukadanaudik, Kota Negaraudik, Kota Negarailir.

Sedang penyemprotan disinfektan di lima desa yaitu Desa Negara Tulangbawang, Tanahabang, Kota Napal, Kota Negaraudik, Kota Negarailir.

Selain melakukan pencegahan di lingkungan perusahaan (pabrik dan perumahan karyawan), juga di masyarakat sekitar. Mulai dari penyemprotan disinfektan disepanjang jalan utama Bungamayang, lingkungan perusahaan, desa penyangga, dan bantuan fasilitas kesehatan yang kemudian dikordinasikan desa. Selain itu, ada bantuan dana Rp10 juta untuk penyediaan bahan disinfektan di Desa Negara Tulangbawang.

Kegiatan digelar sejak akhir Maret dan terus dipantau di beberapa desa di Kecamatan Bungamayang, antara lain Desa Negara Tulang Bawang, Tulangbawang baru, Sukadana Udik, Kota Napal, Tanah Abang dan di kecamatan Sungkai Utara yaitu Kota Negara Udik, dan Kota Negara Ilir. Bambang Hartawan menjelaskan aksi cepat tanggap ini adalah wujud kepedulian perusahaan sekaligus upaya penyelamatan secara menyeluruh.

“Ini kepedulian kami, sebenarnya bukan hanya untuk warga desa sekitar, tetapi untuk kami juga. Sebab, kalau warga ada yang kena, bisa sangat berbahaya bagi kami di sini. Jadi, intinya adalah tanggung jawab bersama untuk kemaslahatan kita juga,” kata dia. 

Penyemprotan disinfektan dilakukan pada fasilitas umum seperti seperti kantor desa, puskesmas, masjid, gereja, pasar, dan lainnya. Sedangkan untuk rumah warga diberikan cairan biang disinfektan yang bisa diperbanyak dengan campur air untuk kemudian diaplikasikan oleh masing-masing.

Camat Bungamayang Ediyansyah didampingi Anggota DRPD Lampung Utara Ali Darmawan menyambut baik dengan kepedulian anak perusahaan PTPN VII ini. Ia mengatakan, langkah cepat dari perusahaan sangat diapresiasi. 

“Kami menyampaikan terima kasih. Memang, soal virus corona ini harus cepat karena penyebarannya sangat cepat. Alhamdulilah PTPN VII cepat bergerak,” kata Ediyansyah. (rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos