Pemkab Tulangbawang Barat Bantu Pasien Luka Bakar

img
Pemberian bantuan kepada keluarga bocah korban luka bakar di RSUD Menggala./ist

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat memberikan bantuan kepada pasien luka bakar yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala, Tulangbawang.

"Pemkab memfasilitasi biaya perawayan Sahrini Adelia Resya alias Rini (7) sejak penanganan medis di Puskesmas Kartaraharja," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulangbawang Barat, Majril kepada harianmomentum.com, Rabu (17-6-2020).

Saat bermain-main dan bercanda dengan saudaranya, pasien ini tidak sengaja masuk ke dalam panci yang berisi air panas di atas tungku masak dari kayu.

Menurut salah satu dokter yang merawat di Puskesmas Kartaraharja, pasien masuk dengan luka derajat dua, dengan luas luka bakarnya sampai 46 persen, karena yang terkena kulit kedua kaki/paha, daerah perineal, perut dan dada.

Kemudian, Dinkes Tulangbawang Barat berkoordinasi dengan pihak RSUD Menggala untuk memindahkan perawatannya pasien ke RSUD Tubaba. Namun, karena kondisi masih memerlukan perawatan intensif (transfusi darah dan albumin serta debridement luka) maka pasien tersebut tetap dilakukan perawatan di RSUD Menggala sampai kondisinya memungkinkan untuk dipindahkan ke Tulangbawang Barat.

"Pemkab membantu Rini, Dinkes juga memfasilitasi untuk pembuatan kartu BPJS secara gratis, memberikan bantuan makanan tambahan berupa susu dan melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban keluarga selama di rumah sakit," kata Majril.

Kabid Pelayanan Kesehatan, Karyawanto beserta tim telah mewakili Kadis Kesehatan menyerahkan bantuan langsung di RSUD Menggala. 

"Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi pasien dan meringankan beban keluarga," ucapnya.(**)

Laporan: Solihin

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos