Peran Ibu di Masa Pandemi Covid-19

img
Nurjanah anggota IKWI-PWI Provinsi Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejak pandemi covid-19 masuk ke Indonesia Februari 2020, hampir semua orang mengalami kendala dalam menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan mencegah penularan virus corona. 

Menjalani hidup selama pandemi covid-19 akan menjadi memori historis sepanjang masa.Pandemi Covid 19 di Indonesia memberikan dampak tidak hanya pada kesehatan masyarakatnya, akan tetapi juga pada perekonomian dan gaya hidup akibat berbagai kebijakan yang berlaku untuk pananganan covid-19.

Perubahan yang paling mencolok terlihat dari cara orang menjalani kehidupan sosial dan menggerakkan roda perekonomian. Kini masyarakat lebih mengandalkan teknologi digital untuk tetap dapat menjalani kehidupan sosial dan ekonomi di tengah kebijakan physical distancing dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Keadaan new normal saat ini mengharuskan kita terus waspada dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika tidak terlalu penting, usahakan berdiam diri di rumah saja. Masih banyak hal yang bisa dikerjakan saat di rumah. Seperti yang diungkapkan Jubir Pemerintah covid-19 dr. Achmad Yurianto, dalam menjalani kehidupan saat ini harus memiliki komitmen mengubah budaya dasar menuju budaya dasar yang baru.

Menghadapi kehidupan yang baru, wajib melaksanakan protokol kesehatan dan ini tidak bisa ditawar lagi. Penerapan kebiasaan-kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat, harus dilakukan, seperti selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik, memakai masker jika harus ke luar rumah, hindari kerumunan, dan menjaga jarak fisik.

“Inilah merupakan sebagai bagian dari norma normal yang baru. Kita akan masuk pada era normal yang baru. Ini adalah satu-satunya cara kalau kita ingin bisa mengendalikan Covid-19 ini dengan baik,” ujarnya.

Sebagai seorang istri dan ibu dari anak anak, kita merupakan ujung tonggak dalam kehidupan di era pademi ini. seorang ibu merupakan sosok penting dalam keluarga untuk mencegah penyebaran virus corona.

Seorang ibu harus memastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarganya tetap berada di rumah dan membuat suasana nyaman. Termasuk juga menyediakan makanan bergizi dan seimbang. Ibu pula yang bertugas mengingatkan untuk memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Ibu dengan anak usia sekolah juga mesti mendampingi anak-anak untuk belajar di rumah.

Para perempuan Indonesia adalah agar berperan mencegah Covid-19, apapun, tidak masalah besar atau kecil semuanya berarti. Kita semua adalah pahlawan di keluarga dan tempat masing-masing. (**)

Penulis: Nurjanah anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Lampung




Leave a Comment