Pesawaran Serius Kembangkan Golden Melon

img
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (tengah) bersama Forkopimda Kabupaten Pesawaran panen perdana hasi budidaya golden melon di Hortipark kabupaten setempat

MOMENTUM, Gedongtataan--Budidaya tanaman hortikultura menjadi salah satu target pengembangan pontensi pertanian di Kabupaten Pesawaran.

Untuk mencapai target tersebut, pemkab setempat membentuk kebun percontohan seluas lima hektare yang juga difungsikan menjadi obyek agrowisata. Kebun percontohan itu dinamakan Hortipakr atau taman hortikultura. Lokasinya di Desa Negersakti, Kecamatan Gedongtataan. Di atas lahan hortipark dengan kontur tanah berundak itudikembangkan budidaya tanaman melon dan semangka.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, hortipark mulai digarap pada pertengahan Juli 2020.

"Alhamdulillah, tadi bersama pak gubernur, kita sudah mulai panen perdana melon di hortipark. Melon yang kita budidayakan ini jenis golden melon yang punya pangsa pasar cukup diminati," kata Dendi di sela panen perdana melon bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Selasa (18-8-2020).  

Baca juga: Gubernu Panen Perdana Semangka dan Melon di Hortipark Pesawaran

Dia mengungkap, ide pembentukan hortipark itu sebagai tindak lanjut arahan Gubernur Arinal Djunaidi.

“Mulanya, Gubernur Lampung menginstruksikan seluruh bupati dan walikota, agar memberikan edukasi kepada masyarakat untuk pemanfaatan lahan tidur untuk menjaga ketahan pangan. Arahan gubernur itu kita tindak lanjuti dengan membentuk kebun hortikultura ini," tuturnya.

Dia optimistis, budidaya golden melon dan semangka bisa menjadi salah satu andalan Kabupaten Pesawaran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Sekaligus pengembangan sektor agrowisata. 

"Kita akan terus kembangkan budidaya golden melon dan semangka ini dengan melibatkan kelompok tani. Semoga kelak, budidaya tanaman hortikultura semakin meluas di Kabupaten Pesawaran," harapnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos