Tim Polda Lakukan Tes Psikologi 56 Personel Polres Pesawaran

img
Tes psikologi terhadap anggota Polres Pesawaran. Foto. Rft.

MOMENTUM, Gedongtataan--Tim Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Lampung melakukan tes psikologi terhadap 56 personel Polres Pesawaran.

Tes berlangsung di Aula Sanika Satyawadah Polres Pesawaran, Kamis (27-08-2020). Tujuannya, untuk mengetahui kondisi mental dan kepribadian personel, terutama dalam mengontrol emosi saat melaksanakan tugas di lapangan.

Kegiatan tersebut dipimpin Paur Psipol Biro SDM Polda Lampung, Iptu Putu Deni, dengan anggota Brigpol Febri. Didampingi Kabag Sumda Polres Pesawaran Kompol Jamaludin.

Menurut Deni, tes psikologi wajib diikuti anggota kepolisian pemegang senjata api, selain penilaian atasan yang bersangkutan.

"Anggota dites dari segi kecerdasan dan kepribadiannya. Dengan kata lain dites pengendalian diri dan kestabilan emosionalnya," ujarnya.

Senada, Kabag Sumda Kompol Jamaludin mewakili Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, mengatakan tes psikologi bagi anggota kepolisian merupakan hal yang rutin dilaksanakan setiap enam bulan.

Hal itu dilakuan untuk mencegah dan mendeteksi adanya gangguan psikologis yang dialami anggota kepolisian yang dapat memicu tindakan yang berbahaya.

Tes psikologi juga menjadi dasar untuk mengambil kebijakan pimpinan yang bersangkutan dalam meminjam senjata api kepada personil yang bertugas di lapangan.

"Senpi itu berbahaya jika disalahgunakan, namun akan sangat menunjang pelaksanaan tugas jika penggunanya memiliki kematangan psikologi. Hasil tes psikologi ini menjadi persyaratan paling penting bagi personel," ungkap Jamaludin. (*).

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos