KPU Waykanan Siapkan Kotak Suara untuk Pilkada 2020

img
Pesiapkan kota suara di KUP Waykanan.

MOMENTUM, Waykanan--Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waykanan mulai mempersiapkan kotak suara.

Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan mengatakan kotak suara berbahan kardus telah tiba di Waykanan. "Sekarang mulai dirakit, kemudian didistribusikan," katanya, Selasa (17-11-2020).

Jumlah kotak suara yang mulai dirakit sebanyak 1036 buah, dengan rincian 991 untuk di tempat pemilihan suara (TPS), dan 45 di panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Logistik lainnya berupa bilik suara. Kata Refki, dibutuhkan 3.964 buah bilik atau masing-masing TPS disiapkan empat buah.

"Bilik suara masih ada bilik suara yang terbuat dari alumunium sekitar 3000 buah. Kekurangannya, KPU membeli 1000 bilik karton. Kemudian Segel sebanyak 19820 buah" jelas Refki

Logistik lain yang sudah diterima KPU Waykanan, kata dia, tinta sebanyak 1.982 atau dua botol untuk setiap TPS yang berjumlah 991 TPS.

Dijelaskan, surat suara akan dicetak PT Temprina Media Grafika Surabaya tanggal 18 November. Sebelum dicetak, dilakukan aproval cetakan oleh KPU, Bawaslu, Polri dan percetakan di lokasi cetak.

Perlengkapan lain berupa APD bagi penyelenggara sudah dilakukan pengadaan konsolidasi oleh UKPBJ Provinsi untuk APD Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga seperti Desinfektan, Sabun pencuci tangan, hand sanitizer. 

Lalu ada APD kategori barang umum yaitu masker, faceshield, semprotan, tissu towel sheet, sarung tangan plastik, kantong plastik sampah dan tempat air berkeran. 

 Untuk skema pendistribusian dilakukan pasca sortir dan packing selesai. Minimal H-1 sudah meluncur. Tambah Refki lagi.

Refki juga mengatakan bahwa pihaknya telah meminta PPK memetakan jumlah armada, rute dan titik droping di PPK. PPK juga sdh berkordinasi dgn pihak kecamatan dan uspika terkait gudang sementara di PPK sebelum pleno rekapitulasi. (*)

Laporan: Vita.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos