KPU Gelar Sosialisasi Pilkada di Lapas

img
KPU Waykanan saat menggelar sosialisasi Pilkada di Lapas Kelas IIB kabupaten setempat, Senin (23-11-2020).//vit

MOMENTUM, Waykanan--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waykanan menggelar sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB kabupaten setempat, Senin (23-11-2020).

Komisioner KPU Waykanan Tri Sudarto mengatakan, sosialisasi itu merupakan upaya meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada serentak 2020.

"Warga binaan juga memiliki hak pilih. Jadi kami perlu mensosialisasikan terkait pendidikan politik dan pendidikan pemilih dalam Pilkada Serentak 2020," kata dia. 

Pada kesempatan itu, KPU mensosialisasikan tata cara pencoblosan di TPS dan menekankan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

"Karena pelaksanaan pencoblosan di masa pandemi atau bencana non alam sehingga dalam pelaksanaannya harus menerapkan Protokol kesehatan pencegahan covid-19," jelasnya. 

Sosialisasi turut dihadiri Komisioner KPU I Gede Klips Darmaja, PPK Blambangan Umpu dan PPS Negribaru.

I Gede Klips menambahkan, selain sosialisasi, KPU juga menyerahkan e-KTP pada sembilan warga binaan. "Sebelumnya KPU dibantu Disdukcapil, melakukan perekaman terhadap warga binaan yang belum memiliki KTP-Elektronik," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Way Kanan, Syarpani menyampaikan, sosialisasi sangat penting bagi warga binaan karena ada ratusan napi yang berhak menyalurkan hak pilihnya.

“Sebanyak 126 warga binaan punya hak pilih, dipastikan semua dapat disalurkan pada hari pemungutan suara. Saya jamin netralitas dalam lapas," kata Syarpani.(**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Agung Chandra W






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos