KPU Siapkan Pengganti KPPS

img
Ketua KPU Pesawaran, Yatin Putro Sugino.//ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran menyiapkan petugas pengganti bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang rapid test-nya menunjukkan hasil reaktif.

Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino mengatakan, saat ini pihaknya belum menerima laporan jumlah anggota KPPS yang dinyatakan reaktif, mengingat pelaksanaan rapid test masih berlangsung. Rapid test diikuti oleh 9.189 KPPS se-Kabupaten Pesawaran.

"Kalau jadwalnya kan dilakukan sejak 27 Nopember lalu hingga 4 Desember mendatang, maka dari itu sampai saat ini kita belum menerima hasil keseluruhannya berapa yang reaktif. Nanti tanggal 4 Desember baru kita infokan hasilnya," jelas Yatin, Minggu (29-11-2020).

Bagi anggota KPPS yang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test, kata Yatin, dianjurkan oleh pihak Puskesmas untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu.

"Reaktif kan bukan berarti dia terpapar, namun nanti diberi arahan oleh dokter yang ada di puskesmas seperti apa, kalaupun harus tes swab, itu kebijakan dari Pemerintah Daerah (Pemda) kalau dari KPU tidak memfasilitasi," ungkapnya.

Sementara, jika mendekati pelaksanaan pemungutan suara dan petugas KPPS dinyatakan positif, maka pihaknya akan menyiapkan petugas pengganti.

"Apabila sampai mendekati hari H perhitungan surat suara KPPS itu positif Covid-19, kami meminta kepada PPS agar menyiapkan menggantinya," ujarnya.

Melalui rapid test KPPS, diharapkan masyarakat tidak khawatir ketika mendatangi TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

"Dengan beginikan, kita memastikan TPS dan petugasnya terbebas dari virus corona, jadi masyarakat bisa lebih tenang dan aman ketika akan menyalurkan hak suaranya," pungkasnya.(**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agung Chandra W



Leave a Comment