Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Waykanan Sosialisasi di SMK

img
Sosialisasi basis pemilih pemula di SMK Al-Fajar, Kecamatan Kasui. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Waykanan melakukan sosialisasi basis pemilih pemula di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Fajar, Kecamatan Kasui, Senin (30-11-2020).

Sosialisai dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

Sosialisasi itu dihadiri Komisioner KPU Waykanan I Gede Klipz Darmaja dan Tri Sudarto, PPK dan Sekretariat PPK Kecamatan Kasui, para guru dan siswa SMK-Al Fajar yang telah memiliki hak suara.

Tri Sudarto selaku Ketua Divisi SDM, Pendidikan Pemilih, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat mengatakan, pendidikan untuk pemilih pemula adalah titik awal dalam rangka membentuk pemahaman milenial agar mereka menjadi pemilih cerdas.

Sementara, Gede Klipz selaku Ketua Divisi Data dan Informasi memberikan pemahaman kepada siswa-siswi SMK Al-Fajar, bahwa mereka harus mau melihat, mengamati dan pelajari visi-misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Waykanan Tahun 2020. 

"Jadilah pemilih yang cerdas, bukan yang tradisional, yaitu yang tidak hanya menuruti arahan orang tua, saudara, ketua adat dan sebagainya untuk memilih atau mendukung siapa," kata Gede. 

Menurut dia, pemilih cerdas adalah mereka yang mempu menakar kemampuan masing-masing pasangan calon lalu memberikan hak pilih pada yang terbaik.

"Pasangan calon mana yang pro terhadap kaum mileneal, dan bagaimana langkah-langkah yang akan diperjuangkan untuk siap di dunia kerja, lalu bandingkan antara keduanya," Jelas I Gede Klipz

Gede Klipz memberikan semangat, bahwa generasi pelajar saat ini harus terus meningkatkan kualitas diri dan mengerti akan pesta demokrasi di Indonesia, khususnya di Waykanan.

"Kami murni mengarahkan, dan yang jadi urusan kami adalah bagaimana pelajar ini menjadi pemilih yang cerdas," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut diterangkan 15 hal baru di TPS. Kegiatan pun diakhiri dengan sesi tanya jawab dan kuis.(**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Agung Chandra W






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos