Kampung di Tulangbawang Didorong Kembangkan Wisata Desa

img
Kepala DPMPK Kabupaten Tulangbawang, Yen Dahren. Foto..Rhm

MOMENTUM, Menggala--Pemerintah Kabupatei Kabupaten Tulangbawang mendorong kampung-kampung diwilayah setempat mengembangkan potensi pariwisata dan usaha mikor kecil menengah (UMKM).

Pengembangan potensi tersebut diharapkan dapat memulihkan perekonomian masyarakat yang menurun akibat pandemi covid-19.

"Paling tidak, misalnya, kampung memiliki wisata desa akan memberikan manfaat ekonomi bagi warga setempat," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Kabupaten Tulangbawang Yen Dahren, Minggu (6-12-2020). 

Dia berkeyakinan, 147 kampung ydi Kabupaten Tulangbawang, memilki potensi wisata yang bisa dikelola dan menarik minat wisatawan.

Pembangunan yang ada di kampung pada tahun 2021, idealnya mengarahkan kampung kepada pembangunan dan pemulihan ekonomi nasional dan penanganan covid 19.

Karena itu, DPMPK akan mendorong kampung meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha kecil menengah dan menciptakan kampung wisata yang menarik.

"Adanya objek wisata di kampung-kampung setidaknya dapat menghidupkan putaran ekonomi masyarakat setempat dari para pengunjung yang datang",ungkapnya

Saat ini banyak kampung di Tulangbawang yang mulai bangkit menjadi kampung wisata. Seperti Kampung Ajimesir. Pemkab akan mendorong kampung agar mencari potensi wisata untu dikembangkan.

"Disinilah peran Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) mengeluarkan produksi kerajinan tangan dan sebagainya," katanya.

Bahkan, dia menyebutkan, kampung-kampung itu juga sudah memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menjual produknya.

"Masyarakat dan lembaga kampung agar bekerjasama menangkap potensi wisata dan mempromosikannya sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat",ujar Yen Dahren. (*)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos