Bupati Pesawaran Diberi Gelar Umpu Bukuk Jadi

img
Prosesi pemberian gelar adat Lampung dari Makhga Bukuk Jadi Kabupaten Pesawaran kepada Bupati Dendi Ramadhona

MOMENTUM, Tegineneng--Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menerima adok (gelar adat Lampung) Umpu Bukuk Jadi. Gelar adat kehormatan itu diberikan masyarakat adat Lampung Makhga Bukuk Jadi.

Prosesi pemberian adok itu dipimpin tokoh adat setempat Kanjang Suntan Negara Bukuk Jadi Gesung Gumanti. Acara berlangsung di Desa Gedunggumanti, Kecamatan Tegineneng, Sabtu (2-1-2020).

Gelar adat kehormatan itu juga diberikan kepada Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi. Istri Bupati Pesawaran itu diberi adok Ibu Makhga.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak. Gelar adat ini, tentu menjadi motivasi saya untuk terus berupaya maksimal melestarikan kebudayaan daerah. Terutama adat budaya Lampung di Kabupaten Pesawaran," kata Dendi Ramadhona.

Karena itu, dia berharap dukungan dan peran aktif seluruh masyarakat, khususnya para tokoh adat Lampung Pubian Telu Suku.

"Tidak hentinya saya meminta arahan dan masukan dari para tokoh adat, agar upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya dapat berjalan maksimal dam efektif," harapnya.

Prosesi pemberian gelar adat itu juga dihadiri anggota DPR RI Zulkifli Anwar gelar Suntan Pengatukh Makhga dan para tokoh adat Lampung setempat. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar



Leave a Comment