Bupati Lamtim: TMMD untuk Percepat Pembangunan Desa

img
Bupati Lamtim M Dawam Raharjo dan Kasiter Kasrem 043 Garuda Hitam Letkol Kav Thomas Rudyanto.

MOMENTUM, Sukadana--Bupati Lampung Timur (Lamtim) M Dawam Rahardjo membuka TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa ke-110. Acara berlangsung di aula Makodim setempat, Desa Matarammarga, Kecamatan Sukadana, Selasa (2-3-2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Kasiter Kasrem 043 Garuda Hitam Letkol Kav Thomas Rudyanto, Komandan Satgas Letkol Kav Muhammad Darwis, Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan, Ketua DPRD Lamtim Ali Djohan Arief, dan sejumlah pejabat Lamtim.

Dalam sambutanya, bupati yang baru dilantik, itu mengatakan TMMD merupakan operasi bakti TNI yang diselenggarakan dengan mempertimbangkan kemampuan suatu komando kewilayahan sebagai satuan tugas (satgas) pelaksana.

"Bakti TNI terdiri dari kegiatan fisik dan nonfisik. TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membangun desa," katanya.

Pembangunan itu bertujuan menunjang kesejahteraan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar roda perekonomian berjalan. "Momen ini juga bisa terjalin fungsi koordinasi untuk mensinergikan berbagai program," kata Dawam.

Dia berharap program TMMD ikut mempercepat pembangunan infrastruktur di Lamtim guna mempercepat pembangunan di segala bidang.

Kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD, diminta berpartisipasi agar tujuannya dapat dicapai sesuai harapan. Begitu pun dengan instansi yang memiliki keterkaitan program TMMD, agar bersinergi sehingga hasilnya maksimal.

TMMD di Lamtim berlangsung di Desa Sukorahayu dan Karanganyar Kecamatan Labuhanmaringgai selama 30 hari. Program yang dilakukan antara lain pembuatan jalan onderlagh, pembuatan badan jalan, pembuatan gorong-gorong, renovasi musolla, renovasi TPA, pembuatan poskamling, pembuatan MCK dan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH).

Sementara kegiatan nonfisik berupa penyuluhan, sosialisasi dan bakti sosial kepada masyarakat yang akan disampaikan dinas terkait. (*)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: M Furqon.




Leave a Comment