Buaya Satu Meter Dijerat Warga Kaliawi

img
Satu ekor buaya berukuran sekitar satu meter dengan bobot lebih kurang 15 kilo gram berhasil ditangkap warga di Kelurahan Kaliawi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Seekor buaya berukuran sekitar satu meter ditangkap warga Kelurahan Kaliawi, Kecamatan Tanjungkarang Barat.

Anggota Satlinmas Kelurahan Kaliawi Agus Santoso mengatakan, buaya itu ditangkap di aliran kali yang berada pada sekitar permukiman penduduk di RT 04, Lingkungan I kelurahan setempat.

"Kemarin sore, sekitar jam empat kami tangkap menggunakan jerat yang terbuat dari sebilah bambu dan kawat," kata Agus, Selasa (2-3-2021).

Sebelum ditangkap, dia menerangkan, buaya berbobot sekitar 15 kilogram itu kerap muncul untuk berjemur di tepian aliran kali setempat. Sehingga meresahkan warga.

"Tapi, saat mau ditangkap buayanya langsung hilang masuk ke dalam aliran air," terangnya.

Karena itu, warga berinisiatif menangkap buaya tersebut menggunakan umpan yang digantung di sekitar jembatan yang berada di kali tersebut.

"Jadi kami pancing menggunakan ayam yang digantung di bawah jembatan," ujarnya.

Agus menyebutkan, berdasarkan laporan warga setempat, buaya itu telah muncul di aliran kali tersebut sejak tiga minggu yang lalu.

"Sebenarnya, buaya yang terlihat itu ada dua ekor. Satunya lebih besar dari yang tertangkap ini, tapi sudah jarang terlihat," sebutnya.

Sehingga, warga diminta waspada karena masih terdapat satu buaya yang belum tertangkap.

"Meski jarang terlihat, tapi dikhawatirkan dapat muncul sewaktu-waktu. Karena itu lebih baik waspada," imbaunya.

Menurut dia, buaya itu rencananya akan diserahkan kepada Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA).

"Kemudian, meminta kepada BKSDA guna mendatangi daerah ini mencari buaya yang belum tertangkap dengan cara menyusuri aliran kali," harapnya. (**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agus Setyawan



Leave a Comment