Porwanas Jatim Kembali Ditunda Hingga Juni 2022

img
Ketua SIWO PWI Lampung Edi Purwanto

MOMENTUM, Jakarta--Untuk kedua kalinya pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII ditunda. Semestiinya even tersebut digelar di Malang, Jawa Timur pada Oktober tahun 2020, namun diundur ke September 2021 akibat pandemi covid-19.

Hasil Rapat Kerja Nasional Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Pullman Hotel, Jakarta pada 24-25 Maret 2021, kembali menyepakati penundaan Porwanas tahun 2021.

Keputusan penundaan itu diambil setelah Ketua SIWO PWI Jatim Erwin menyampaikan surat gubernur setempat, terkait alasan tidak bisa digelarnya Porwanas di Malang Raya pada September 2021.

Menurut Erwin, dalam surat tersebut Gubenur Jatim Khofifah Indarparawansa menyebut alasan penundaan Porwanas, masih terkait pandemi covid-19.

“Penundaan ini disebabkan karena hal nonteknis. Kita semua menyadari hal itu, karena pandemi covid-19 hingga saat ini masih mengkhawatirkan. Tahun depan, Pemprov Jatim berkomitmen tetap akan membantu penyelenggaraan Porwanas. Namun tergantung dari peserta rakernas untuk pertimbangannya,” kata Erwin.

Setelah melalui proses pembahasan alot,   akhirnya peserta Rakernas SIWO PWI, menyetujui dan menyepakati penundaan Porwanas hingga Juni 2022. Peserta rakernas juga sepakat tetap memberikan kepercayaan kepada PWI Jatim sebagai tuan rumah Porwanas tahun depan.

Sebelumnya, sempat muncul tawaran dari SIWO PWI Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah Porwanas. Namun pelaksanaanya tetap pada tahun 2022.

Tawar tersebut ditanggapi Ketua SIWO PWI Pusat Gungde Ariwangsa.

Dia menyarankan, lebih baik Sulawesi Tenggara mengambil peran pelaksanaan Rakernas SIWO PWI tahun 2022. Mengingat pada tahun itu, Sulawesi Tenggara juga menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional.

“Ini bukan berarti mentasbihkan bahwa tuan rumah HPN sekaligus sebagai tuan rumah Rakernas. Namun akan lebih elok jika pada tahun itu Kendari (Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara) mengambil peran tuan rumah Rakernas saja, sementara Jawa Timur konsenterasi kembali untuk menyiapkan sebagai tuan rumah Porwanas,” kata Ari Wangsa.

Saran tersebut, akhirnya didukung peserta dan menjadi keputusan final Rakernas SIWO PWI tahun 2021. (**)

Laporan: SIWO PWI Lampung

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos