Lantik Kades Kekiling, Nanang Minta Kades dan BPD Bersinergi

img
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melantik Andi Saputra sebagai Kepala Desa Kekiling, Kecamatan Penengahan

MOMENTUM. Penengahan--Aparat desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus saling memahami peran dan fungsi dalam melaksanakan program pembangunan dan kepemerintahan desa. Karena itu, sinergi antara aparat desa dan BPD menjadi suatu keharusan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto saat melantik Andi Saputra sebagai Kepala Desa Kekiling, Kecamatan Penengahan. Pelantikan berlangsung di Gedung Serba Guna Raden Intan kecamatan setempat, Rabu (28-4-2021).

Andi Saputra dilantik sebagai Kepala Desa Kekiling berdasarkan hasil pemilihan sebagai tindak lanjut dari proses pergantian antar waktu (PAW) kepala desa sebelumnya.

"Jangan ada lagi kelompok-kelompok. Semua harus bersatu, aparat desa dan BPD bersinergi untuk kelancaran program pembangunan, khsusunya di Desa Kekiling," kata bupati.

Menurut dia, di Kabupaten Lamsel masih sering terjadi perbedaan antara Kades dan BPD yang dapat menghambat pembangunan.

"Sering terjadi BPD bermusuhan dengan Kades karena ego-nya masing-masing. BPD seolah-olah sudah jadi DPR-nya desa. DPR itu gk begitu dengan eksekutif, tapi bersama-sama mencari solusi untuk kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Karena itu, bupati meminta, jika terjadi perbedaan pendapatan antara Kades dan BPD hendaknya diselesaikan dengan musyawarah, agar tidak berdampak negatif terhadap masyarakat dan program pembangunan desa," imbaunya.

Selanjutnya Nanang memberikan berbagai masukan terkait pelaksanaan program kerja kepemerintahan dan pembangunan desa.

Menurut dia, menjalankan roda pemerintahan desa, bukan hanya tugas seorang kepala desa. Perlu peran aktif aparatur lain dan BPD sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

"Tugas paling utama yang harus segera dilaksanakan saat ini, adalah upaya pencegahan dan penangan covid-19. Ini yang harus dilakukan oleh seluruh aparatur desa, termasuk BPD," imbaunya.

Usai dilantik, Andi Saputra mengatakan siap mengemban amanah, sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai kepala desa. Karena itu, dia berharap, dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen, terutama BPD untuk kelancaran program kerja kepemerintahan dan pembangunan desa. 

Turut hadir pada pelantikan itu sejumlah pejabat Pemkab Lamsel dan Unsur Pimpinan Kecamatan Penengahan. (**)

Laporan: Endri

Editor: Munizar

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos