Kejar Target 10 Besar PON, Atlet Lampung Berlatih Keluar Daerah

img
Pesenam Lampung menjalani latihan untuk persiapan PON Papua

MOMENTUM, Bandarlampung--Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, benar-benar serius berupaya mencapai target sepulun besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua, bulan Oktober mendatang.

Untuk mengoptimalkan upaya mencapai target tersebut, KONI Lampung mengirim  sejumlah atlet dari belasan cabang olahraga (cabor) berlatih ke luar daerah, bahkan luar negeri. 

"Saat ini sebagian besar atlet sedang berlatih tanding di luar daerah, bahkan di luar negeri. Salah satunya dari cabang senam yang sedang berlatih di Rusia, " kata Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Lampung Frans Nurseto, Selasa (10-8-2021).

Menurut dia, KONI sengaja memanfaatkan situasi pandemi covid-19 saat ini, untuk mengoptimalkan dan lebih mengefektikan pemusatan latihan para atlet yang akan turun di PON nanti.

"Situasi pandemi ini, kita tidak bisa menggelar latihan secara terbuka. Karena itu, kondisi ini harus kita manfaatkan. Seluruh pelatih dan atlet, khususnya yang ditargetkan meraih medali emas, harus lebih mengoptimalkan dan mengefektikan latihan,  demi mencapai target sepuluh besar PON," terangnya.

Beberapa atlet yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di luar Lampung: Ade Meiyusi dari cabot senam artistik berlatih di Rusia, Nurhalim Arlendi dan Selly Septiani dari cabor Karate mengikuti pemusatan latihan nasional di Bali.

Ummi Haryani dan Denda Firmansyah dari cabor senam aerobik berlatihan di Jakarta. Begitu dari cabor menembak yang mengirimkan tiga atlet berlatih di Cilodong Jakarta.

Trio penerjun payung: Purwanto, Eko dan Erlando berlatih di Margahayu Bandung, Jawa Barat bersama penerjun payung dari TNI Angkatan Udara.

Dua perenang Lampung: Akbar Wendi dan Halimatus Sa’diah berlatih di Jakarta. Dari cabor Muaythai: Mitra Waruwu dan Agus Dwi Cahyo, saat ini mengikuti pelatnas di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Saepul Anwar dari cabor wushu juga mengikuti Pelatnas di Jakarta.

Dari cabor taekwondo: Ahmad Syaeful Anwar sedang menjalani safari try-out ke Bengkulu, Padang dan Riau. 

Kemudia dari cabor biliar, Agung Aditya Pratama dan Yona Damayanti berlatih terpisah. Agung di Tangerang. Sedangkan Yona tetap berlatih di Lampung.

Attlet tolak peluru  berlatih di Semarang, Jawa Tengah, dan atlet dayung berlatih di Jawa Barat. Dua pebalap motor sedangkan menjalani try out di Yogyakarta.

"Untuk cabor tinju, atlet PON kita (Lampung), rencananya dalam waktu dekat akan mengikuti Kejuaraan Dunia Junior di Qatar," ungkap Frans.

Pada PON XX di Papua, kontingen Lampung akan turun di 26 cabor: angkat besi, angkat berat, panahan, senam alteltik, biliar, bulutangkis, renang, selam, menembak, dayung, judo, softball.

Selanjutnya, layar, bermotor, judo, karate, taekwondo, tarung derajat, catur, sepak takraw dan Tinju. Kemudian: terjun payung, kempo, muaythai, baseball dan gulat. (**)

Laporan: Humas KONI Lampung

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos