Enam Desa di Margapunduh Dilanda Banjir

img
Banjir merendam pemukiman warga di Kecamatan Margapundu, Kabupaten Pesawara,Sabtu malam 25 Desember 2021

MOMENTUM, Margapunduh--Hujan deras pada Sabtu sore hingga malam (25-12-2021), kembali mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Pesawaran.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran menyebut enam desa di Kecamatan Margapunduh dilanda banjir. Enam desa itu: Desa  Umbullimus, Pekonampai, Tajur, Sukajaya Punduh, Kunyain dan Desa Kampungbaru.

"Banjir yang melanda enam desa di Margapunduh semalam, dipicu hujan deras yang menyembab aliran Sungai Waypunduh meluap," kata Kepala BPBD Kabupaten Pesawaran Sofyan.

Menurut dia berdasarkan data sementara, ada 87 rumah warga yang terdampak banjir, sepuluh  diantaranya rusak berat. 

"Ketinggian air rata-rata 40 centimeter. Tidak ada korban jiwa. Sesuai intruksi bupati, hari ini kami  bersama tim dari Dinas PU (pekerjaan umum) turun ke lokasi memberikan bantuan logistik pada warga, sekaligus melakukan kajian untuk mengantisi terkait penanganan bencana," terangnya.

Baca juga: Tujuh Desa di Padangcermin Kebanjiran

Selain itu, tim BPBD bersama aparat desa dan kecamatan setempat bergotong royong membantu harga membersihkan lingkungan dan permukiman  yang terdampak banjir.

"Dinas PU juga melakukan pendataan terkait mana saja akses-akses yang mengalami kerusakaan akibat banjir yang cukup tinggi semalam. Kemudian ada juga pendataan kerusakan masing-masing rumah warga,"jelasnya.

"Kalau untuk kerugian masih kita lakukan pendataan. Sementara ada sepuluh rumah rusak berat akibat banjir, sebagian besar bangunanya semi permanen," ungkapnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment