Jangan Ada Dusta di Antara Kita

img
Ester Yahuda

MOMENTUM, Bandarlampung--Usai sudah rangkaian perhelatan akbar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung: mulai dari konfrensi provinsi untuk memilih ketua dan membentuk kepengurusan masa bakti 2021-2026, hingga prosesi pelantikan.

Konferprov XI PWI Lampung dihelat pada 2-3 Desember 2021. Hasilnya, Wirahadikusumah terpilih sebagai Ketua PWI Lampung masa bakti 2021-2026.  Kemudian, tim formatur pun dibentuk untuk menyusun struktur kepengurusan organisasi. Selanjutnya, hasil kerja tim formatur disahkan PWI Pusat melalu Surat Keputusan penetapan pengurus PWI Lampung masa bakti 2021-2026.

Jajaran pengurus langsung bergerak mempersiapkan perhelatan pelantikan. Rabu 5 Januari 2022, kepengurusan PWI Lampung masa bakti 2021-2026 dilantik oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.  

Pada proses pelantikan yang berlangsung di ballroom Hotel Emersia, Bandarlampung itu, tersirat pesan penting yang disampaikan Ketua Umu PWI Pusat Atal S Depari dan Gubenur Lampung Arinal Djunaidi.

Atal merasa kagum dengan kekompakan pengurus PWI Lampung yang dipimpin Wirahadikusumah. Kehadiran gubernur dan para kepala daerah kabupaten/kota dalam prosesi pelantikan itu menjadi salah satu alasan Atal untuk memberikan nilai plus terhadap kinerja awal kepengurusan PWI Lampung masa bakti 2021-2026.  

Bang Atal berulang kali mengucapkan kata Luar Biasa seraya membandingkan proses serupa di daerah lain.  

“Ini luar biasa, meriah, apik dan sangat kompak. Bukan saja pengurus PWI yang kompak. Gubernur, para bupati dan walikota pun kompak hadir. Ini bukti keharmonisan kepengurusan PWI Lampung dengan pemerintah daerah,” kata Atal.  

Untuk itu, ia berharap, kerharmonisan hubungan  antara wartawan (PWI) dengan pemerintahan daerah, masyarakat dan swasta tetap terjalin dengan baik. Bersatu membangun dan mewujudkan Lampung Berjaya, sesuai peran dan fungsi masing-masing. 

Jangan Ada Dusta di Antara Kita 

Sama seperti yang diucap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Pada awal sambutannya, gubernur sangat mengapresiasi kehadiran para bupati dan walikota dan jajaran instansi pemerintah daerah, perguruan tinggi dan swasata.

Menurut gubernur, kehadiran para bupati dan walikota itu bukti dari kekompakan pemerintah daerah di Lampung. Kekompakan itu, kata gubernur menjadi salah satu kunci keberhasilan Lampung dalam upaya pencegahan penularan dan penanganan covid-19.

Ia pun mengingatkan, para bupati dan walikota jika di telepon gubernur cepat diangkat, untuk memperkuat sinergi mencapai program pembangunan.  "Jangan ada dusta diantara kita,” kata gubernur berseloroh. 

Gubernur juga menyampaikan pesan kepada para wartawan, khsusunya yang tergabung dalam PWI. Menurut gubernur, penulisan dan pemberitaan yang dilakukan para wartawan bisa membuat perubahan lebih baik dalam kinerja pemerintah daerah untuk memacu, peningkatan perekonomian masyarakat . Telebih saat ini Lampung masuk kategori terbaik di Pulau Sumatera dalam pemulihan dan peningkatan perekonomian.

SDM Sangat Penting 

Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah menyatakan, sebelum dilantik, kepengurusan PWI Lampung masa bakti 2021-2026,  telah melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXV yang diselenggarakan di Kabupaten Lampung Timur. 

Menurut Wira peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi fokus utama program kerja kepengurusan PWI Lampung masa bakti 2021-2026. Karena itu,  lanjut dia, jika ada seratus program kerja, maka 99 adalah bidang pendidikan.

Sejak tahun 2011 kepengurusan PWI Lampung di bawah kepemimpinan Supriyadi Alfian telah berhasil mencetak 782 wartawan bersertifikasi kompeten dari Dewan Pers.     

Karena itu, dia akan menerus kan program peningkatan kualitas sumber daya manusia (prfesionalisme wartawan) yang telah dilaksanakan kepengurusan PWI Lampung di bawah kepemimpinan Supriyadi Alfian.

Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi kunci  mewujudkan PWI Lampung sebagai organisasi yang lebih profesional dan bermartabat di era revolusi industri 5.0. Semua itu, akan dilaksanakan dengan semangat kebersamaan dalam keberagaman. 

Pada kesempatan itu turut dilantik para pengurus PWI kabupaten/kota serta Pengurus IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Provinsi Lampung dan kabupaten/kota. (**)

Penulsi: Ester Yahuda

Mantan Koresponden Merdeka, Warta Niaga, Majalah Selecta group, Tabloid Aksi, Suara Karya, Buisness Indonesia juga penulis di Majalah Kartini, Tabloid Wanita Indonesia, dan Majalah Ananda.


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment