Pasca Banjir Bandang, Jalinbar Batu Kramat Kembali Lancar

img
Wakapolres Tanggamus Kompol Muhammad Ali Muhaidori juga melakukan pemeriksaan asal sisa kayu olahan/sebetan penyebab tertutupnya gorong-gorong.

MOMENTUM, Tanggamus--Setelah dilakukan pembersihan material yang menutup gorong-gorong, akhirnya jalan Lintas Barat Sumatra tepatnya di Jalan Batu Kramat Kecamatan Kotaagung Timur yang dilanda luapan banjir bandang kembali normal.

Pembersihan dilakukan personel gabungan Polres Tanggamus, TNI Kodim 0424/TGM, Dishub dan Dinas PUPR Tanggamus, Jumat (4-2-2022). 

Dalam kesempatan itu juga, Wakapolres Tanggamus Kompol Muhammad Ali Muhaidori juga melakukan pemeriksaan asal sisa kayu olahan/sebetan penyebab tertutupnya gorong-gorong. 

Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Jonnifer Yolandra, S.I.K mengungkapkan setelah tim gabungan bekerja membersihkan material yang menutup gorong-gorong akhirnya air dapat surut. 

Baca Juga: Jembatan Jalan Lintas Sekincau Lambar Putus

"Guna mengatasi banjir tersebut, kami bersama Dishub, TNI Kodim, dan PUPR dan warga segera membersihkan gorong gorong yang tersumbat dengan menerjunkan alat berat," kata AKP Jonnifer Yolandra, Jumat (4-2) sore. 

Kasat menjelaskan, banjir terjadi pada pukul 14.00 WIB setelah hujan deras sejak pukul 13.00 WIB yang mengakibatkan jalan lintas barat Sumatra tergenang air yang mengalir dari bukit pegunungan. 

Luapan banjir itu juga disertai matrial kayu dan sampah dedaunan sehingga beberapa pot bunga yang berada di toko bunga batu Kramat ikut terbawa air ke tengah jalan. 

Jalan sempat membahayakan pengguna jalan yang melintas akibat luapan air di sertai sampah potongan kayu dan beberapa pot tanaman bunga yang ikut terseret air ke tengah jalan. 

"Banjir karena di wilayah Batu Kramat Kotaagung terjadi hujan dengan intensitas tinggi, sehingga air meluap akibat saluran pembuangan air dan gorong-gorong tersumbat kayu dan sampah dedaunan," jelasnya. 

Kasatlantas menambahkan, setelah air surut seiring hujan yang berhenti, jalan yang sempat terdampak luapan akhirnya lalu lintas kembali normal. 

"Pada pukul 15.00 WIB, arus lalu lintas kembali normal namun kami mengimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati," tutupnya. 

Untuk diketahui, luapan banjir menerjang penggal jalan raya Pekon Batu Kramat, Kotaagung Timur tidak jauh dari Pos Polisi setempat, Jumat (4-2) siang. 

Video luapan tersebut beredar luas di jejaring sosial maupun whatsapp sebab jalan tersebut biasanya tidak pernah terluap. 

Berdasarkan pengamatan pada video beredar, air cukup deras membawa material potongan-potongan kayu ke jalan sehingga arus lalu lintas sedikit tersendat.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos