UKW XXVI, PWI Lampung Cetak 30 Wartawan Kompeten

img
Foto bersama peserta dan penguji UKW angkatan ke-26 PWI Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Sebanyak 30 peserta dinyatakan berkompeten dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXVI yang diselenggarakan PWI Provinsi Lampung, Sabtu (26-3-2022).

Kegiatan yang diikuti 36 peserta dengan rincian enam jenjang utama, enam madya dan 24 pewarta muda. Dari jumlah itu, enam di antaranya masih belum kompeten.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Informasi PWI Pusat, Nurcholis mengapresiasi panitia dan pengurus PWI Lampung yang telah berhasil menyelenggarakan UKW Angkatan ke-26 di provinsi setempat.

Dia minta seluruh peserta yang dinyatakan kompeten dapat menjaga marwah progesi serta bertanggungjawab agar tidak mempermalukan penguji dan organisasi.

"Jangan main-main dengan sertifikasi kompeten karena kalau dinyatakan kompeten, tapi perilaku sehari-hari baik dalam karya maupun pergaulan dengan narasumber tidak menunjukkan profesional yang berintergritas, sertifikasi kompeten bisa dicabut," kata Nurcholis, Sabtu (26-3).

Dia berharap kepercayaan yang dititipkan oleh ketua dan para penguji sebagai wartawan berkompeten dapat dipegang dengan teguh dan tidak dikhianati.

"Sekarang tidak lagi hanya membawa diri sendiri dan media tempat bekerja, tapi juga sudah membawa nama PWI sebagai organisasi penyelenggara," tegasnya.

Sementara, Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah mengatakan Wartawan yang kompeten bukan berarti bisa melakukan seenak hatinya karena merasa sudah menjadi wartawan yang berkompeten.

"Wartawan berkompeten ditunjukkan dengan perilaku dan juga perbuatannya. Wartawan juga  tetap ikrar untuk terus berkarya dengan menulis," kata Wira.

Dia menyampaikan kepada peserta yang belum lulus UKW untuk tidak berkecil hati dan tetap  terus belajar.

"Jangan menyerah dan berkecil hati, masih ada kesempatan untuk mengikuti UKW nanti enam bulan lagi," tuturnya. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos