Pererat Silaturahmi, Muli-mekhanai Desa Teratas Gelar Halalbihalal

img
Penampilan Tafi Sigeh Pengunten.

MOMENTUM, Kotaagung--Muli Mekhanai Pekon/Desa Teratas kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus gelar halalbihalal.

Kegiatan yang dibuka dengan penampilan tari sigeh pengunten dan dilanjutkan atraksi pencak silat para mekhanai dari Pekon Teratas maupun atraksi dari pencak silat dari tamu undangan menjadikan suasa halalbihalal semakin menarik perhatian masyarakat, Kamis (5-5-2022).

Kegiatan halalbihalal dilaksanakan di lapangan terbuka Pekon Teratas yang diikuti seluruh muli mekhanai beserta tamu undangan.

Turut hadir, kepala Pekon Teratas, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tamu undangan dari beberapa Pekon yang ada di Kecamatan Kotaagung dan kecamatan Kotaagung barat.

Halalbihalal karang taruna dan Muli Mekhanai Pekon Teratas dalam rangka mempererat tali silaturahmi pada hari raya Idulfitri 1443 Hijriah dengan rangkaian acara atraksi pencak silat Lampung dan panjat pinang.

Ketua Karang Taruna Teratas diwakilkan Saipul menyampaikan kegiatan diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi para pemuda setiap tahun. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia maka kegiatan halalbihalal baru bisa kita laksanakan di tahun ini.

"Acara halalbihalal dangan tujuan untuk meningkatkan talisilaturahmi, mudah mudahan kita dapat mendapatkan hikmanya. Semoga kita bisa menjaga budaya kita khusunya Buda Lampung," ujarnya.

Dia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat persaudaraan serta tetap menjunjung tinggi budaya Lampung yang saat ini masih kita pegang bersama sama.

Sementara, tokoh adat Muhammad Hipzon menyampaikan, agar kegiatan semacam ini bisa terus dijaga dan dilestarikan setiap tahun. Sehingga, kekompakan warga di Pekon Teratas tetap terjaga.

"Pada kesempatan kali ini, saya mengucap apresiasi setinggi-tingginya  kepada panitia. Yang sudah susah payah untuk kelancaran halal bihalal ini, semoga tahun-tahun yang akan datang acara seperti ini bisa menjadi lebih baik lagi dan mendapatkan dukungan dari masyarakat pekon teratas dan sekitarnya," ujarnya.

Tokoh Masyarakat Suwandi mengatakan, agar kegiatan ini bisa menjadikan untuk memperkuat silaturahmi, dan masyarakat mendukung penuh kegiatan yang membangun pekon baik budaya, seni dan laiinyam

"Halalbihalal ini menjadi ajang memperkuat silaturahmi, kami tokoh masyarakat merasa bangga kepada Karang Taruna dan Muli Mekhanai yang sudah mengadakan acara tersebut. Kami dari tokoh masyarakat sangat mendukung kegiatan pemuda yang sifatnya membangun pekon khususnya budaya, seni dan agama," ujarnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos