Dinkes Pringsewu Kampanye Germas Akbar

img
Wakil Bupati Prinjgsewu Fauzi menyerahkan bantuan sarana medis untuk kelinik rawat inap Adiluih pada kegiatan Kampanye Germas Akbar

MOMENTUM, Pringsewu--Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu  berkeliling mengkampanyekan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Akbar, ke seluruh wilayah kerja puskesmas di kabupaten setempat.

Setelah pekan lalu dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Ambarawa, kampanye Germas Akbar kembali berlanjut. Kali ini di wilayah kerja Puskesmas Bandungbaru, Kecamatan Adiluih, Kamis (19-5-2022). 

Kampanye Germas Akbar yang berlangsung di Lapangan Pekon Totokarto itu  diawali dengan senam masal. Dilanjutkan dengan lomba tumpeng dan pelayanan kesehatan dan vaksinasi covid-19.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi didampingi Wakil Ketua TP-PKK setempat Rita Irviani mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup sehat.

"Germas merupakan program nasional yang diprakarsai Presiden Jokowi untuk membangun kesadaran seluruh komponen bangsa membudayakan perilaku hidup sehat. Gerakan ini mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat," kata wabup.

Karena itu, lanjut dia, untuk suksesnya gerakan tersebut diperlukan peran aktif seluruh elemen. Tidak bisa hanya mengandalkan bidan kesehatan saja 

"Mulai dari setiap individu, keluarga dan masyarakat agar segera mempraktekan pola hidup sehat. Saya juga berharap kepada seluruh elemen juga dapat menggerakan anggotanya untuk berperilaku sehat," ajaknya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dr.Ulinoha menambahkan, pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga. 

"Keluarga  adalah kelompok terkecil masyarakat yang dapat membentuk kepribadian dan karakter seseorang. Karena itu, keluarga punya peran strategis dalam menumbuhkan budaya perilaku hidup sehat kepada masyarakat," kata Ulinoha.

Dia menyebut ada tujuh langkah penting dalam program Germas: melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, memeriksakan kesehatan secara rutin, tidak merokok. Selalu menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan jamban sehat dan tidak mengkonsumsi alkohol. (**)


Editor: Munizar


Leave a Comment