Festival Kopi Tanah Air, PDIP Lampung Pamerkan Kopi Lambar

img
Festival Kopi Tanah Air di Jakarta.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung memeriahkan gelaran Festival Kopi Tanah Air.  

Kegiatan itu diselenggarakan di Parkir Timur Selatan Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Jumat (27-5-2022). Festival yang dihadiri ribuan peserta itu diharapkan bakal memecahkan rekor MURI.

Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM, Lesty Putri Utami yang juga koordinator utusan DPD PDI P Lampung mengatakan, dalam festival ini menampilkan kopi produksi dari Kabupaten Lampung Barat. "Ini merupakan bukti bahwa DPD PDI P Lampung peduli dengan perkembangan UMKM di sekitarnya," kata dia.

Dengan mengikuti festival kopi ini, dia berharap akan membangkitkan Kopi Lampung Barat dan membangkitkan kesejahteraan petani. "Sehingga Kopi Lampung Barat menjadi semakin terkenal dan kesejahteraan petani pun meningkat," kata Lesty, Jumat malam.

Rencananya, kata dia, festival akan dibuka oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarboputri sekaligus memberikan sambutan.

Sementara itu, Ketua DPD PDI P Lampung, Sudin menambahkan, acara tersebut merupakan rangkaian penutup HUT ke-49 partai berlambang kepala banteng itu.

Kegiatan bertema "Festival Kopi Kebangkitan Nasionalisme Indonesia" itu akan ada rangkaian acara antara lain pameran, eksebisi, uji cita rasa, dan sulang kopi secara hybrid.

"Uji cita rasa kopi akan dilakukan oleh panitia disiapkan on the spot dan secara hybrid dengan target minimal 2.500 orang. Dan, itu mudah-mudahan mendapatkan penganugerahan dari rekor MURI," terangnya.

Eksebisi kopi akan menghadirkan 29 utusan pegiat kopi dari Aceh sampai Papua. Lima kementerian juga akan terlibat, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tak hanya itu, hadir juga komunitas dan produsen kopi

Selain itu, PDIP juga akan menggelar lomba barista dengan tiga kategori, yakni latte art, manual brew, dan aeropress. "Dengan sampai saat ini jumlah peserta lomba itu mencapai 535 orang dari Aceh sampai Papua," jelas Sudin.

Sudin menambahkan, festival berlangsung selama tiga hari, akan ada pertunjukan seni budaya dan penampilan artis-artis Indonesia seperti Krisdayanti, Marcell Siahaan, Rizky Febian, Peewee Gaskins, Hivi.

DPD PDIP Lampung memperkenalkan produk kopi Lampung Barat saat Festival Kopi Tanah Air di Jakarta, Jumat (27-5-2022). Produk kopi Lampung Barat, turut berkontribusi memecahkan Rekor MURI yang digelar DPP PDIP.

Politisi senior PDIP Lampung, Mukhlis Basri mengatakan, ingin mengenalkan kopi robusta khas Lampung Barat, kepada generasi milenial di Indonesia. "Kami ingin mendorong generasi milenial, untuk menggemari kopi, utamanya khasnya Lampung Barat," kata Mukhlis.

Kelak, lanjut dia, harapannya terhadap kopi Lampung Barat produktivitasnya bisa naik. "Kalau sudah naik, maka pendapatan petaninya juga meningkat," pungkasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos