Konsen Lindungi Anak, Pemkab Tanggamus Sosialisasikan KHA

img
Wakil Bupati Tanggamus AM. Syafi'i, membuka Sosialisasi Konvensi Hak Anak.

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menyosialisasikan Konvensi Hak Anak (KHA) kepada jajaran Tim Penggerak PKK di wilayah setempat.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Tanggamus AM. Syafi'i, di Aula Serumpun Padi Kecamatan Gisting, Senin (27-6-2022).

Sosialisasi yang diberikan kepada TP-PKK kabupaten, para Ketua TP-PKK kecamatan, para Ketua Pokja I kecamatan dan Kader Posyandu Remaja Pekon/Desa itu mengusung tema "Melalui Sosialisasi Konvensi Hak Anak (KHA) Tingkat Kabupaten Tanggamus, Mari Kita Fasilitasi Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak".

Wakil Bupati AM. Syafi'i menyampaikan upaya perlindungan terhadap anak agar dapat lebih baik lagi, tidak saja berkaitan dengan orangtua dan keluarga, tetapi melibatkan semua orang dewasa dimanapun serta kapanpun.

Untuk itu, kata Wabup Syafii, kita perlu melakukan sosialisasi agar masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tanggamus memahami hak anak akan terwujud apabila semua orang dewasa memahaminya.

Wabup berharap melalui acara ini akan segera dilakukan kegiatan nyata yang lebih komprehensif dan masif untuk menjadikan Tanggamus sebagai Kabupaten Layak Anak.

"Sosialisasi tentu harus dipahami secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat terkecil di pekon ataupun kelurahan," jelasnya.

Sri Nilawati Syafi'i, Ketua TP PKK Tanggamus mengatakan maksud dan tujuan sosialisasi agar peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang hak-hak anak. "Peserta duharapkan mempunyai pengetahuan menumbuhkan sikap untuk dapat menghargai pendapat anak, memberikan pemahaman tentang penyelesaian masalah anak sesuai dengan ranah dan tempat kejadiannya," ujar dia.

Sri menambahkan, adanya sosialisasi KHA diharapkan juga memberikan pemahaman kepada semua pihak tentang upaya melindungi, menghormati, dan memenuhi hak anak.

"Selain itu, untuk menegakkan prinsip-prinsip pengakuan dan martabat yang melekat terutama pada anak-anak yang berlandaskan kemerdekaan, keadilan dan perdamaian serta mencegah tindakan diskriminasi pada anak di Kabupaten Tanggamus," katanya.

Kegiatan turut dihadiri Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati Syafi'i, Nur’aini Hamid Lubis selaku Koordinator Pokja 1 Narasumber/Pemateri Direktur Lembaga pemerhati Hak Perempuan dan Anak atau LPHPA Fasda PATBM Provinsi Lampung Toni FisHer, Jajaran pengurus PKK Kabupaten, Para OPD terkait, dari Kemenag, Camat dan Uspika, Ketua Pokja PKK, Ketua TP PKK kecamatan dan Ketua Pokja 1 kecamatan, dan para kader posyandu remaja. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos