Wacana Patung Pimpinan DPR Dianggap Lebay

img
Foto: Net

Harianmomentum.com-- Demi melengkapi koleksi nilai sejarah pada Museum DPR, di­usulkan untuk dibuat patung para pimpinan dewan.


Nantinya, patung pimpinan dewan itu akan dipajang di dalam museum untuk menjadi nilai sejarah bagi masyarakat yang berkunjung.

 

Usulan ini disampaikan anggota DPR dari Fraksi Demokrat, Putu Supadma Rudana. Anggota Komisi X DPR ini mengaku miris usai meli­hat langsung kondisi museum DPR. Putu melihat masih banyaknya koleksi di Museum DPR yang kurang lengkap. 


"Ke depan saya berharap Museum DPR RI ini mempunyai ruang yang lebih luas dan representatif dan posisinya strategis guna me­mudahkan para pengunjung untuk menikmati koleksi dan narasinya, seperti Museum Kepresidenan di Istana Bogor," katanya. 

Putu yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) punya gagasan untuk me­lengkapi koleksi museum DPR. Putu akan memperjuangkan pengadaan patung pimpinan DPR. 

"Ke depan bisa saja nanti kita membuat patung pimpinan DPR dari pertama hingga sekarang lalu digitalisasi foto-foto perkembangan DPR dan digitalisasi dokumen-dokumen awal terbentuknya DPR RI," kata Putu menjelaskan. 

Namun usulan ini mendapatkan tanggapan negatif dari warga dunia maya. "Banyak tingkah orang-orang DPR ini!!! Masih banyak anak yatim & lansia yang butuh dipelihara negara woi!!!!" cuit akun @AmmaliaHidayati. 

"Kebanyakan kalau patung kali, cukup foto aja lah, nggak usah berlebihan," usul akun @jetsetnakal. 

"Jangan buat berhala di gedung rakyat, mending dananya dialokasi­kan untuk kebaikan rakyat," sindir akun @syukri_nana. 

"Kayak pimpinan Dewan berjasa bagi Indonesia aja. Nampung aspi­rasi rakyat aja di anggap angin lalu, malah mau di buatkan patung. ORAUSAH!," protes akun @hardiana­gung_ marah. 

"Pas foto 3x4 aja napah, pasang­nya dibalikin ..." sindir akun @ ietong_permana. 

"Kerja kurang.. Pengen narsis," timpal akun @joe_hernawan. 

"Kerja aja belum bener mau di bikinin patung, patung dari tanah aja," kata akun @hadie_pr. 

Ada juga yang menyindir setuju usul tersebut namun dikhususkan untuk mengenang koruptor seba­gai pembelajaran anggota dewan. "Setuju dunk.. tapi, khusus yang korupsi aja.. Jadi biar diingat dan dilihat oleh rakyat..," ujar akun @ aricupika. 

"Nggak terlalu urgent patung untuk Ketua, buat aja patung para anggota yang korupsi alias koruptor. Ini urgent, untuk ingatin anggota lainnya," cuit akun @webywiguna. 

"Lebih baik lagi kalau ada list hasil kerja anggota DPR dalam setiap masa jabatan. Jadi bisa tahu kinerjanya selama 5 tahun," ujar akun @Se_Na_Sionalis. 

"Yang ketangkap KPK, baru dibuatkan patungnya."  timpal akun @cemerek. 

Sementara itu, akun @SaputraToba justru mempertanyakan soal kinerja DPR selama ini. 

"Ada enggak sih survei kinerja ketua dan wakil DPR ???" katanya. 

"Sementara DPR Miskin Kerja dan Miskin Kinerja, kerjaannya cuma nyinyir," sindir akun @mila­nisti48. 

Untuk diketahui, Museum DPR yang modern yang menjadi salah satu dari tujuh proyek pembangunan DPR. Dengan membuat lebih mod­ern, Museum DPR akan dirancang dapat memuat 10.000 jenis koleksi barang-barang bersejarah. 

Hal itu tertuang dalam dokumen laporan rancangan rencana strategis (renstra) DPR 2014-2019. Pada hal­aman 50 dokumen renstra tersebut dijelaskan, sebagai sebuah bangsa yang menghargai sejarah, Kompleks DPR RI perlu memiliki museum yang akan berfungsi sebagai tempat dokumentasi DPR. 

Museum itu akan menampung banyak barang dan foto. Ada pula koleksi naskah serta media interak­tif. Diharapkan pembangunan mu­seum ini menjadi cagar budaya dan saksi sejarah perjalanan DPR dari masa ke masa. Nantinya, dokumen-dokumen hasil kerja DPR akan dipa­jang dalam museum ini. (rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos