Jelang Iduladha, Polsek Gunungsugih Aktif Cegah PMK

img
Vaksinasi upaya pencegaharan penyebaran PMK pada ternak.

MOMENTUM, Gunungsugih--Tidak hanya menangani pelaku kejahatan, aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Gunungsugih pun turut aktif dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak menjelang Iduladha 1443 H.

Polres Lampung Tengah berserta Polsek jajaran terus melakukan pendampingan serta pengawasan terkait penanganan PMK di Kelurahan Gunungsugih Raya, Kecamatan Gunungsuguh Kamis (7-7-2022).

Kapolsek Gunungsugih AKP Wawan Budiarto bersama anggota Bhabinkamtibmas melaksanakan pendampingan serta pengawasan terkait penanganan PMK kepada warga yang mempunyai hewan ternak.

"Kami bersinergi dengan TNI (Bhabinsa) dan pihak terkait untuk memberikan himbauan secara door to door kepada masyarakat untuk memastikan kandang selalu dibersihkan, makanan serta vitaminnya pun harus diperhatikan," kata Kapolsek.

Dia menjelaskan tujuan kegiatan tersebut merupakan langkah antisipatif untuk melakukan pencegahan penularan PMK terhadap hewan ternak di wilayah hukum Polres Lampung Tengah khususnya Polsek Gunungsugih.

"Pemberian desinfektan di kandang merupakan langkah efektif guna mencegah virus tersebut," tambahnya.

Adapun gejala ringan dan ciri-ciri hewan terkena PMK yakni seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tak nafsu makan, dan keluar air liur lebih dari biasanya.

Sementara hewan yang terkena PMK dengan gejala berat, seperti lepuh pada kuku sampai lepas, pincang, tidak bisa berjalan dan hewan sangat kurus.

“Apabila ada gejala pada hewan ternaknya yang mengarah pada penyakit tersebut agar segera melaporkan ke perangkat Kampung ataupun petugas di lapangan untuk penanganan lebih lanjut oleh Dinas terkait," ungkapnya.

Dia melanjutkan, kegiatan itu akan terus dilakukan supaya masyarakat dapat memahami gejala hewan ternak yang mengalami PMK juga memahami cara mencegah dan penanganannya menjelang Hari Raya Iduladha. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos