Kebangkitan Indonesia Tidak Lepas dari Peran Santri

img
Hidayat Nurwahid. Foto: RMOL

Harianmomentum.com-- Tanggal 22 Oktober menjadi begitu spesial dan penuh arti bagi kalangan pesantren, baik kiai maupun santri.


Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid mengatakan, pemerintah menetapkan tanggal itu untuk memperingati peran santri bagi bangsa Indonesia, dengan menjadikannnya sebagai Hari Santri Nasional.


"Kita tahu betapa sesungguhnya kebangkitan Indonesia itu ada peran santri yang luar biasa didalamnya," jelasnya dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR dan Peringatan Hari Santri Nasional di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (23/10).

Hidayat mengatakan bahwa dipilihnya tanggal 22 Oktober bukan tanpa alasan. Menurutnya, pada 22 Oktober 1945 menjadi momentum di mana kekuatan santri terbangun ketika KH Hasyim Asyari mendeklarasikan resolusi jihad bagi pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang barus diproklamasikan.

"Kiai Hasyim Asyari mengumpulkan kiyai se-Jawa Timur dan Madura, kemudian mendeklarasikan resolusi jihad untuk melawan Belanda," jelas Hidayat yang juga wakil ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera. (rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos