Gedungratu Tubaba Jadi Desa Tangguh Bencana

img
BPBD Propinsi Lampung memberikan pelatihan penanggulangan bencana di Gedungratu, Tulangbawang Barat.

MOMENTUM, Tulangbawang Udik -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Lampung menjadikan Tiyuh/Desa Gedungratu, Kecamatan Tulangbawang Udik (TBU), Tulangbawang Barat (Tubaba) sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana).

Untuk itu, BPBD Propinsi Lampung memberikan pelatihan terkait dengan penanggulangan bencana. Diikuti aparatur, sejumlah warga dan tenaga medis.

Sekretaris BPBD Provinsi Lampung Indra Utama mengatakan, dibentuknya destana bertujuan mengantisipasi terjadinya bencana dan langkah-langkah penanggulangannya.

"Setelah pembentukan destana, selama 4 hari ke depan peserta akan dilatih dan dididik untuk menjadi relawan destana," jelasnya, Senin (1-8-2022).

Gedungratu selama ini menjadi langganan banjir akibat luapan Way Kiri. Banjir menimbulkan kerugian bagi mayrakat karena puluhan rumah dan ratusan hektare lahan pertanian terendam air.

"Alhamdulillah, kami mendapatkan pelatihan dan pemahaman untuk mengantisipasi bencana, mudah-mudahan ke depan lebih mudah dan lebih siap mengantisipasi banjir," ujar salah satu peserta, Muhammad Khadafi. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos