Hadiri Pengajian Akbar, Parosil Paparkan Capai Tujuh Program Unggulan

img
Pengajian akbar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah di Pondok Pesantren Ma'had Roudlotus Sholihin Wayheni, Pekon/Desa Gunungratu, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), Lambar.

MOMENTUM, Bandarnegeri Suoh--Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus menghadiri pengajian akbar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah di Pondok Pesantren Ma'had Roudlotus Sholihin Wayheni, Pekon/Desa Gunungratu, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), Ahad (7-7-2022).

Di depan jemaah pengajian, Parosil memaparkan beberapa capaian tujuh program unggulan yang telelah dicanangkan Pemkab Lambar dibawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin.

Tujuh program tersebut yakni Peningkatan Infrastruktur Mantap, Penataan Kota Liwa Sebagai Kota Budaya, Semua Bisa Melanjutkan Sekolah, Pelayanan Masyarakat Sehat, Menyejahterakan Petani, Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik, dan Peningkatan Iman dan Taqwa.

Selain program unggulan, Pemkab Lambar juga mempunyai tiga komitmen yaitu Kabupaten Tangguh Bencana, Kabupaten Literasi dan Kabupaten Konservasi.

Menurut Parosil, dengan adanya pengajian sebagai realisasi program Meningkatkan Iman dan Taqwa memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat. Misalnya masyarakat lebih meningkatkan kesadaran beragamanya dalam aspek wawasan dan pengetahuan, serta peningkatan aspek sikap atau perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakan Parosil kegiatan pengajian seperti ini selain untuk mengimplementasikan program yang ketujuh, juga untuk menjalin ikatan silaturahmi, menambah pengetahuan serta wadah masyarakat dalam menyampaikan informasi dan menyerap aspirasi masyarakat.

Pakcik sapaan akrab Parosil Mabsus berharap melalui pengajian akan menumbuhkan rasa kecintaan pada nilai-nilai keagamaan dan nasionalis serta membawa kehidupan yang lebih baik dalam tuntunan ajaran agama Islam.

"Dengan silaturahmi dalam majelis pengajian seperti ini mempunyai dampak yang positif untuk ketenangan rohani," katanya.

Selain itu, Parosil juga mengatakan ada satu program yang tidak kalah pentingnya, yakni Program Semua Bisa Sekolah. Karena menurutnya, pendidikan itu sangat penting, dan pendidikan merupakan salah satu modal utama dalam memajukan suatu daerah.

Parosil menyampaikan bahwa Program Semua Bisa Sekolah ini memberikan bantuan berupa Seragam Gratis dan beasiswa kedokteran serta beasiswa seni dan budaya.

"Kita berikan seragam gratis masing-masing tiga setel untuk anak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Alhamdulillah program ini berjalan dengan lancar dan sudah dirasakan manfaatnya oleh lapisan masyarakat Lambar," ungkapnya.

Lanjut parosil, program Semua Bisa Sekolah ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat, karena sejauh ini dari 13 kabupaten dan dua kota di Lampung, baru di Lambar yang memiliki program seragam gratis.

"Kita patut bersyukur dan bangga atas capaian tersebut, program tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar tanpa dukungan dari seluruh kepala perangkat daerah yang terdapat di Pemkab Lambar," katanya.

Pada pengajian akbar ini juga ada yang menarik dan berbeda dari pengajian pada umumnya. Penceramah KH Musta'in Romli, pengasuh Pondok Pesantren Barokatul Qodiri di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menyampaikan tausiyahnya dengan cara menguburkan diri. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos