DPUTR Metro Sebut Jalan Patimura akan Dihotmix

img
Hasil proyek tambal sulam Jalan Patimura Kota Metro

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memastikan tahap akhir perbaikan ruas Jalan Patimura di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara akan menggunakan sistem hotmix.

Saat ini proses perbaikan jalan tersebut masih dilakukan dengan sistem tambal sulam.  Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Kota Metro Nurmanto memastikan, hasil pekerjaan proyek tambal sulam Jalan Patimura itu akan lebih dimaksimalkan. 

"Spesifikasi tambal sulam Jalan Patimura kalau dari proses perizinan sudah dapat dari provinsi. Itu memang sengaja dibuat open repid (sebagai awalan). Nantinya akan dihotmix juga," kata Nurmanto, Selasa (9-8-2022).

Nurmanto menampik, ketebalan aspal dalam pengerjaan proyek tambal sulam tersebut tidak sesuai spesifikasi, meskipun saat ini kondisinya kembali rusak.

"Jadi itu kan ruas jalan provinsi, mungkin tonase kendaraan yang melintas tidak sesuai kapasitas kekuatan badan jalan. Namun,  itu kan masih dalam proses pemeliharaan. Sengaja dilakukan seperti itu karena nantinya akan dihotmix," terangnya.

Dia juga memastikan, proses pekerjaan proyek tersebut sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"Menurut kami sudah sesuai, dengan lapisan penetrasi awal dilakukan galian. Kemudian batu dan diaspal. Kenapa rusak lagi, mungkin karena tonasenya itu," ungkapnya. 

Dia juga mengaku telah meminta pihak rekanan untuk memperbaiki hasil pekerjaan tambal sulam tersebut.

"Kalau misal di situ ada kecurangan, maka nanti akan ada pemeriksaan terlebih dahulu. Tidak serta-merta langsung diberikan sanksi," terangnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos