Satu Indonesia, FKPPIB Ajak Milenial Membumikan Gagasan Sumpah Pemuda

img
Deklarasi Lingkar Milenial Jabar.

MOMENTUM, Bandung--Persatuan menjadi visi besar dalam upaya merefleksikan spirit Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun.

Dalam wujud implementasinya, Forum Komunikasi Putra Putri (BUMN) Indonesia Bersatu (FKPPIB) mengajak kaum milenial Jawa Barat untuk kembali membumikan gagasan sumpah pemuda yang diamanatkan para pendahulu bangsa. Langkah nyata tersebut diwujudkan dalam deklarasi Lingkar Milenial Jabar.

Menyikapi Polarisasi Kebangsaan Dengan Spirit Sumpah Pemuda Lingkar Milenial Jabar (LMJ) merupakan formatur yang dibentuk untuk menyiapkan terbentuknya Kepengurusan FKPPIB Korda Jawa Barat yang secara serentak akan dideklarasikan di seluruh kabupaten/kota se Jawa Barat.

Formatur ini bersifat kelektif kolegial yang dipimpin ketua Presidium dengan tugas pokok menginisiasi kaum milenial di kabupaten/kota dan menyiapkan Kongres Daerah untuk kepengurusan FKPIB Korda Jabar yang
definitif.

Ketua Presidium Lingkar Milenial Jabar, Fathul Nur Rahman mengatakan gagasan awal lahirnya LMJ ini sebegai bentuk kegelisahan akan terkikisnya visi persatuan dalam bingkai kebergaman yang menjadi modal besar
bangsa Indonesia.

"Kita sudahi politik identitas yang semakin hari membawa bangsa ini ke dalam polarisasi yang kian tajam dan mengoyak rasa kebhinekaan kita.
Paling tidak kita awali dari kami dengan mangajak kaum milenial untuk peduli dan berupaya melawan setiap celah di ruang virtual," kata Fathu.

Langkah nyata yang akan kami lakukan, lanjut Fahtul adalah dengan gerakan kecil berupa kampanye stop forwarding & blusting. "Meneruskan pesan terusan merupakan kondisi riil saat ini dalam upaya tumbuhnya bibit subur berita hoax. Paling tidak kita harus menyadarinya dan tidak menjadi bagian dari tujuan-tujuan yang dapat mengancam persatuan dan kasatuan kita," katanya.

Lebih lanjut Fathul mengatakan, karena itu "Satu Indonesia" merupakan tema yang kita angkat sebagai upaya membumikan amanat sumpah pemuda yang pernah di gagas para pendahulu bangsa sebagai kesadarn akan pentingnya identitas Tanah air, bangsa dan bahasa yaitu satu Indonesia.

Saat ini kepengurusan FKPPIB masih terpusat di Lampung dan baru terafiliasi ke sebagian provinsi di Sumatara. Karena itu, pihaknya merasa yakin kaum milenial Jabar akan menjadi tonggak lahirnya KORDA di
provinsi lainnya.

"Deklarasi Lingkar Milenial Jabar merupakan fondasi strategis bagi DPP FKPPIB, mengingat basis keanggotaan kami ada di lingkungan anak anak BUMN dan Bandung menjadi pusat BUMN," katanya. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos