Waykanan Helat Peparkab

img
Jajaran pengurus NPCI bersama panitia dan peserta Peparkab I Waykanan tahun 2022

MOMENTUM, Blambanganumpu--Komite olahraga penyandang disabilitas  atau national paralympic committee of Indonesia (NPCI) Kabupaten Waykanan menyelengaran Pekan Paralympic Kabupaten (Peparkab). Even olahraga para penyandang disabulitas itu dipusatkan di kompleks Islamic Center kabupaten setempat, kilometer 5 Kecamatan Blambanganumpu, Rabu (14-12-2022).

Ketua Pelaksana Peparkab Waykanan Heriyanto mengatakan, even tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanan di kabupaten setempat. "Peparkab ini kita gelar untuk memperingati  Hari Disabilitas Internasional tahun 2022," ujarnya.  

Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Peparkab I Waykanan itu: lari 100 meter, catur, bulu tangkis, dan tolak peluru.  

Ketua NPCI Provinsi Lampung Imam Hendrik Setiawan mengapresiasi terselenggaranya Peparkab tersebut.

"Ini patut diapresiasi. Even ini adalah salah satu bentuk komitmen, NPCI dalam upaya pemenuhan hak-hak saudara-saudara kita para penyandang disabilitas, khsusnya di Kabupaten Waykanan. Termasuk hak untuk berperstasi di bidang olahraga," kata Imam Hendrik saat membuka even tersebut.

Dukungan dan apresiasi atas penyelenggaraan even tersebut juga datang dari Pemkab Waykanan. Asisten I Sekretariat Pemkab Waykanan Selan mengatakan, dalam pasal 28 Undang-Undang Nomor: tahun 2016 tentang penyandang disabilatas disebutkan, pemerintah pusat dan daerah wajib melakukan perencanaan, penyelenggaraan dan evaluasi tentang pelaksanaan penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

"Sesuai amanat undang-udang tersebut, tentu Pemkab Waykanan berkomitmen mendorong dan mengoptimalkan upaya pemenuhan hak dan pelindungan terhadap penyandang disablitas. Karena itu, Pemkab Waykanan sangat mengapresiasi dan mendukung terselenggaranya Peparkab ini," kata Selan mewakili Bupati Raden Adipati Surya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos