Harga Cabai Merah dan Rawit di Metro Meroket

img
Pedagang cabai di Pasar Kopindo Kota Metro.

MOMENTUM, Metro--Cabai merah dan cabai rawit mengalami kenaikan sekitar sebesar Rp 20 ribu perkilogram di Pasar Kopindo Kota Metro.

Dian Arpan salah seorang pedagang cabai di Pasar Kopindo Metro mengatakan, kenaikan tersebut terjadi sebelum pergantian tahun baru.

"Kenaikannya sampai Rp20 ribu mas. Cabai rawit yang semula Rp45-50 ribu perkilogram, sekarang jadi Rp68-70 ribu perkilogram. Begitu juga dengan cabai merah, tadinya Rp30 ribu kini mencapai Rp50 ribu perkilogram," kata dia, Senin (2-1-2023).

Dia menjelaskan, kenaikan harga cabai tersebut dikarenakan minimnya pengiriman dan stok dari Pulau Jawa.

"Rata-rata kita dapat kiriman dari Bandung. Menjelang Nataru kemarin sudah sedikit pengiriman nya. Bahkan, untuk stok sepertinya ini cabai petik baru. Makanya agak mahal," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan adanya kenaikan harga cabai tersebut tidak mempengaruhi penjualan di lapak dagang miliknya.

"Kalau pembelian normal-normal saja. Hanya saja, jumlah pembelian konsumen yang agak berkurang," tambahnya.

Selain cabai merah dan cabai rawit, beberapa kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan, seperti bawang merah, bawang putih dan kebutuhan lainnya.

"Untuk bawang merah tadinya Rp25 ribu sekarang menjadi Rp32-35 ribu perkilogram. Sementara untuk bawang putih tadinya Rp25 ribu sekarang Rp30 ribu perkilogram. Pokoknya ganti tahun, harga juga ikut ganti," ungkapnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos