Ketua KPU Tulangbawang: PPS Harus Netral dan Mandiri

img
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang Reka Punata melantik 453 anggota PPS.

MOMENTUM, Menggala -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang Reka Punata mengatakan panitia pemungutan suara (PPS) harus netral, cakap dan mandiri saat bekerja.

Hal itu disampaikan Reka Punata saat melantik dan mengambil sumpah 453 anggota PPS di Aula Islamic Center Menggala, Selasa 24 Januari 2023.

Dikatakan, anggota PPS se-Tulangbawang terdiri dari 360 pria dan 93 wanita. Setiap desa atau kelurahan akan ada tiga anggota PPS yang bertugas.

"Saya berharap seluruh anggota PPS bekerja sungguh-sungguh. Sesuai dengan tahapan dan program-program yang telah  ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum RI," katanya.

Selain itu, sebagai pelaksana kegiatan hanya mengikuti aturan yang telah ditetapkan KPU RI. Tidak boleh melakukan aturan tersendiri. Anggota PPS minimal harus mengerti wilayah dan pemetaan terhadap mata pilih.

"Apa saja kewenangan dan kewajiban sebagai anggota PPS pada pesta demokrasi 2024, harus dipahami dengan baik. Selain itu, PPS harus netral, cakap dan mandiri saat bekerja," tegasnya.

Terpisah, Penjabat Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan mengatakan, anggaran pemilihan umum akan dilaksanakan oleh pusat. Pihaknya akan membantu fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pemilu 2024. Baik itu personel maupun peralatan termasuk pendampingan biaya. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment