Polda Lampung Cek Kesiapan Mudik di Terminal Rajabasa

img
Polda Lampung bersama Dinas Perhubungan Lampung dan Balai Pengelola Transportasi Darat Bengkulu-Lampung cek kesiapan kendaraan mudik

MOMENTUM, Bandarlampung--Kepolisian Daerah (Polda) Lampung bersama Dinas Perhubungan dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Bengkulu-Lampung mengecek kesiapan mudik di Terminal Rajabasa, Bandarlampung, Rabu (12-4-2023).

Pengecekan dilaksanakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang operasi Ketupat Krakatau 2023.

"Kami harus memprediksi antisipasi gangguan kamtibmas menjelang mudik. Kami bersama Dinas Perhubungan dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Bengkulu-Lampung melakukan ramp chek," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Menurut dia, ramp chek dilakukan karerna diperkirakan ada lonjakan pemudik yang menggunakan transportasi darat. "Ada dua bus yaitu angkutan kota antarprovinsi (AKAP) dan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dilakukan pengecekan kondisi kendaran bus tersebut," jelasnya.

Masih kata Pandra, polisi juga melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik maupun kesehatan pemudik dan masyarakat supaya lebih waspada terhadap pelaku kejahatan.

"Kami menghimbau kepada warga, apabila saat di terminal ada orang yang tidak dikenal memberikan makanan atau minuman agar di waspadai, ada yang mencurigakan langsung lapor ke kepolisian terdekat," harapnya.

Sementara, Kepala UPTD Oprasi Dishub  Provinsi Lampung Meriesa Jovanita Putri mengatakan, ramp chek tersebut dilaksanakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang mudik ke Lampung.

"Yang kita ramp chek yaitu item laik jalan seperti lampu, rem, wiper, kaca, ban dan tentunya untuk bus yang sudah kita lakukan ramp chek akan ditempel stiker ada nomor stiker laik jalan," kata Meriesa.

Lebih lanjut dia mengatakan, kendaraan AKDP ada 300 kendaraan yang memiliki izin dan 177 sudah di lakukan ramp chek. "Data dari bidang lalulintas sudah 177 kendaraan yang kita cek dan 103 kendaraan yang laik jalan," jelasnya.

"Kemudian, ada 114 Kendaran AKAP yang sudah dilakukan ramp chek dan sudah ditempel stiker dinas perhubungan dan sudah laik operasi," lanjutnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos