Gubernur Minta Pemanfaatan Komoditas Dioptimalkan

img
Gubernur Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi berharap berbagai komoditas di Lampung bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan.

Terlebih, Lampung memiliki banyak komoditas unggulan di sektor pertanian, perkebunan hingga perikanan dan peternakan.

Hal itu disampaikan gubernur saat membuka Coffe Morning dan Diseminasi Perekonomian di Kantor Perwakilan Lampung Bank Indonesia (BI), Jumat (4-8-2023).

"Provinsi Lampung memiliki begitu banyak keunggulan komparatif baik secara geostrategis demografis dan kekayaan alam. Segala potensi harus dimanfaatkan dan dioptimalkan agar memiliki nilai tambah dan keuntungan kompetitif," kata Arinal.

Apalagi, tingginya kebutuhan pangan dunia membuat ekspor berbagai produk pertanian asal Lampung terus meningkat dalam tiga tahun terakhir.

"Nilai ekspor Lampung masih bisa ditingkatkan dengan diversifikasi komoditas unggulan atau menjaga kualitas komoditas yang sudah ada," jelasnya.

Arinal mengatakan, dengan potensi yang dimiliki, Lampung mempunyai peran strategis dalam pembangunan ekonomi. Baik pada tingkat regional maupun nasional.

Karena itu, gubernur juga berharap adanya sinergi dan konsolidasi segenap pihak wajib dilakukan secara simultan.  Vaik di sektor Hulu atau Hilir karena masih adanya tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam mewujudkan sistem perekonomian yang stabil dan berkelanjutan.

Gubernur membeberkan, beberapa upaya yang mampu memacu peningkatan komoditas lokal. Seperti meningkatkan dan mempertahankan produksi hasil pertanian atau komoditas unggulan.

Kemudian, meningkatkan ekspor komoditas tidak hanya bahan mentah atau setengah jadi, tetapi dalam bentuk olahan. Upaya perusahaan untuk penetrasi pasar ekspor, apakah ada kendala kelama perjalanan bisnisnya.

Selanjutnya, kemudahan ekspor komoditi unggulan yang diberikan pemerintah termasuk Bea Cukai dan urusan perpajakan, serta peran industri perbankan dalam pengembangan komoditi unggulan Lampung.

"Serta upaya lain-lainnya. Sehingga, komoditas unggulan Lampung dapat memacu perekonomian daerah dan nasional," tuturnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos