Jadi Inspektur Upacara HUT RI, Gubernur: BUMDes Diharapkan Berperan Efektif

img
Gubernur Arinal Djunaidi saat menjadi Inspektur Upacara

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke 78 Republik Indonesia (RI), Kamis (17-8-2023).

Dalam sambutannya, Gubernur berharap BUMDes mampu berperan efektif sebagai lokomotif baru bagi kegiatan perekonomian warga di desa.

"Sebagai lembaga ekonomi desa, BUMDes diharapkan mampu berperan efektif," kata Arinal.

Selain itu, gubernur menyebutkan, pengelolaan pungutan pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui BUMDes dinilai sebagai terobosan yang dampaknya cukup signifikan.

"Karena tidak hanya bisa melayani warga desanya, desa sekitar, tetapi juga menjadi sumber pendapatan baru bagi BUMDes," jelasnya.

Terlebih, sebagian besar penduduk Lampung tinggal di desa dan potensi sumber daya alam yang luar biasa banyak.

Karena itu, untuk mendorong terjadinya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kita harus melakukan penguatan yang dimulai dari desa.

"Membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah perdesaan yang seimbang dengan perkotaan, sudah menjadi komitmen sejak awal kepemimpinan saya. Dengan dukungan berbagai program  unggulan seperti Kartu Petani Berjaya, Smart Village berbasis digital dan lain-lain," sebutnya.

Arinal menjelaskan, dengan berbagai program tersebut desa-desa di Provinsi Lampung mengalami kemajuan. Terbukti saat ini tidak ada lagi desa yang berstatus sangat tertinggal.

"Sebagian besar sudah berstatus desa berkembang, maju dan mandiri. Indikator lainnya, kinerja dalam pengentasan kemiskinan di Lampung sangat baik," terangnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos