Kunjungan Wisatawan Ditarget Tembus 10 Juta

img
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bobbi Irawan

MOMENTUM, Bandarlampung--Kunjungan wisatawan ke Lampung tahun 2023 ditargetkan tembus 10 juta pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Lampung Bobbi Irawan mengaku sangat optimis jumlah wisatawan bisa tembus 10 juta pengunjung.

"Tahun ini sebenarnya target kita hanya lima sampai enam juta pengunjung. Tapi kita optimis bisa tembus 10 juta," kata Bobbi saat diwawancarai, Selasa (22-8-2023).

Terlebih, menurut dia, sebelum pandemi covid-19 melanda, wisatawan yang berkunjung ke Lampung sudah mencapai 10 juta lebih.

"Tetapi ketika ada covid di 2020 langsung drop diangka 2 juta saja," ujarnya.

Meski demikian, perlahan jumlah wisatawan ke Lampung terus meningkat. Terakhir, tahun 2022 tercatat mencapai empat juta pengunjung lebih.

Sedangkan untuk tahun 2023, sejak Januari hingga saat ini sudah mencapai lima sampai dengan enam juta pengunjung.

"Saya rasa untuk sampai saat ini sudah lebih dari target awal jumlah wisatawan. Jadi perkiraan saya 10 juta bisa kita capai di tahun 2023," jelasnya.

Karena itu, Disparekraf terus bergerak untuk menggaet minat wisatawan berkunjung ke Lampung. Salah satunya dengan menggandeng media massa dan medsos.

"Kami menyadari bahwa kekuatan utama untuk mendorong pariwisata adalah media. Jadi menggunakan metode pentahelix ada pemerintah, bisnisnya, komunitas dan yang utama adalah media," sebutnya.

Selain itu, dia mengatakan, untuk menggaet wisatawan juga diperlukan fasilitas destinasi wisata yang memadai. Baik untuk wisatawan lokal atau mancanegara.

Terlebih, dia menilai, untuk standar wisatawan mancanegara berbeda dengan wisatawan lokal.

"Jadi antara wisatawan lokal dan mancanegara itu memang berbeda. Contohnya orang Indonesia suka belanja maka strategi yang ditetapkan dengan menggandeng UMKM. Tapi kalau mancanegara suka ke yang lebih tradisional seperti ke desa ini memang ada perlakuan strategi yang berbeda," tutupnya. 









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos