Gandeng UIN RIL, Kemenag Kolabosari Tingkatkan Kualitas Karya Tulis Ilmiah

img
Suasana penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

MOMENTUM, Bandarlampung--Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama gandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Bimtek ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pembinaan peningkatan kompetensi Jabatan Fungsional (JF) Analis Perencana dan JF Analis Kebijakan dalam Pemanfaatan Teknologi dan Informasi Karya Tulis Ilmiah.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD mengungkapkan, terima kasih atas terpilihnya UIN RIL sebagai tuan rumah diadakannya kegiatan yang berlangsung pada 18-20 September 2023 dan dipusatkan di Hotel Emersia Lampung. 

“Kami berbahagia sekali, UIN Raden Intan Lampung terpilih sebagai partner dalam kegiatan peningkatan karya tulis ilmiah di lingkungan Kementerian Agama,” ungkap Rektor saat menerima kunjungan Kepala Biro Perencanaan di Ruang Sidang, Senin (18-09-2023).

Kepala Biro Perencanaan (Karocan) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, H Ramadhan Harisman ST MBA mengatakan, kegiatan bimtek yang diadakan selain untuk membimbing tenaga fungsional menuangkan hasil analisisnya ke dalam tulisan, namun juga diharapkan tulisan yang dibuat dapat diterbitkan ke jurnal.

“Kalau melihat saja (analisis) tanpa dituangkan ke dalam tulisan, rasanya kurang pas dalam birokrasi ke depan" ujarnya.

Sebagai analis kebijakan yang berada di lingkungan kerja Kementerian Agama, sambung Karocan, seorang analis kebijakan harus mampu melakukan kajian dan analisis terkait apa saja kebijakan yang ada di lingkungan Kementerian Agama.

Dia juga menuturkan bahwa kebijakan yang dibuat itu melalui suatu proses yang dilandasi oleh research agar dapat menghasilkan suatu kebijakan yang berkualitas. 

Dalam pelaksanaannya, selain melibatkan Tim Rumah Jurnal UIN Raden Intan Lampung, bimtek tersebut juga menghadirkan Rektor UIN RIL sebagai narasumber dalam pendampingan dan pembahasan draft artikel menjadi artikel jurnal ilmiah.

Bimtek diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari JF Perencana dan JF Analis Kebijakan perwakilan Kanwil Kemenag terpilih.(**)


Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment