Pendapatan Daerah Waykanan Diproyeksi Meningkat

img
Wabup Waykanan Ali Rahman menyerahkan dokumen KUA-PPAS APBD tahun 2025 kepada Ketua DPRD setempat Nikman Karim

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pendapatan Daerah Kabupaten Waykanan pada tahun anggaran 2025 diproyeksi mencapai Rp1,433 triliun atau meningkat 4,47 persen dibanding tahun anggaran 2024.

Proyeksi pendapatan daerah tersebut, dipaparkan Wakil Bupati Waykanan Ali Rahman di hadapan rapat paripurna DPRD setempat, Rabu (10-7-2024). Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Waykanan Nikman Karim itu mengagendakan Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2025.

Menurut wabup, peningkatan proyeksi pendapatan daerah tersebut menyesuaikan prediksi kondisi 

perekonomian nasional yang diharapkan semakin membaik.

Untuk alokasi belanja dan transfer daerah tahun 2025 juga diproyek meningkat sebesar 3,70 persen atau menjadi Rp1,435 triliun.

"Dari sisi penerimaan pembiayaan pada tahun 2025 dianggarkan Rp5 miliar yang  bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun anggaran sebelumnya. Sedangkan pengeluaran pembiayaan tahun 2025 dianggarkan Rp2,5 miliar pada penyertaan modal daerah," papar wabup.

Sebelumnya, wabup juga menyampaikan, prioritas pembangunan pada tahun 2025 secara umum fokus pada pemantapan langkah-langkah konsolidasi fiskal daerah guna mewujudkan APBD yang sehat dan berkelanjutan. 

"Kegiatan  yang bersifat terobosan dan mampu mengungkit perekonomian masyarakat, seperti pengentasan  kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi dan peningkatan investasi, masih menjadi fokus program pembangunan di tahun anggaran 2025," terangnya. 

Ketua DPRD Waykanan Nikman mengatakan, selanjutnya komisi-komisi akan segera melakukan pembahasan dan penelitian untuk selanjutnya akan dilakukan pengesahan terhadap KUA-PPAS. (**) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos