DBD Merebak, Dinkes Waykanan Fogging di Gunungsari

img
Petugas Dinkes Waykanan melakukan fogging di lingkunan perumahan warga Kampung Gunungsari, Kecamatan Gununglabuhan

MOMENTUM, Gununglabuhan--Dinas Kesehatan Waykanan melalukan fogging atau pengasapan sarang nyamuk di lingkungan perumahan warga Kampung Gunungsari, Kecamatan Gununglabuhan, Rabu (31-7-2024).

Pengasapan itu sebagai tindak lanjut kasus demam berdarah dengue (DBD) yang menjangkit beberapa warga di kampung tersebut.

Kepala Puskesmas Gununglabuhan Zulkarnaen membenarkan ada beberapa warga Kampung Guningsari yang terjangkit DBD.

"Fogging ini adalah upaya pencegahan meluasnya penularan DBD, khususnya di Kampung Gunungsari," kata Zulkarnaen.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan penerapan polah hidup bersih dan sehat. "Virus DBD itu ditularkan lewat sengatan nyamuk aedes aegypti. Fogging ini hanya membunuh nyamuk dewasa," terangnya.

Karena itu, lanjut dia, upaya paling efektif untuk mencegah penularan DBD adalah memberantas jentik nyamuk aedes aegypti.

Masyarakat diminta selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan penerapan 3M plus: menguras, menutup dan menimbun tempat-tempat penampungan air di dalam dan sekitar rumah. Kemudian selalu memakai lotion anti nyamuk atau menggunakan kelambu saat tidur.

"Kita terus edukasi masyarakat untuk melakukan upaya pemeberantas sarang dan jentik nyamuk. Karena itu cara paling efektif untuk mencegah penularan DBD," terangnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos