Guncang PKKMB 2024! IIB Darmajaya Bagi Rp217 Juta untuk Pengusaha Muda!

img
Penyaluran bantuan modal usaha Rp217 Juta untuk pengusaha muda.

MOMENTUM, Bandarlampung--Hari kedua pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya tampak berbeda dengan hari pembukaan yang menghadirkan tokoh dan artis ibukota.

Hari kedua, hadirnya mahasiswa asing dan juga serah terima bantuan modal usaha senilai Rp217 juta kepada entrepreneur-entrepreneur muda melalui Inkubator Bisnis semakin semarak PKKMB. Penyerahan bantuan modal ini juga bagian dari komitmen IIB Darmajaya dalam mencetak mahasiswa wirausaha dihadapan ribuan peserta PKKMB 2024.

Wakil Rektor Non Akademik, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M. didampingi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dekan Fakultas Ilmu Komputer, serta Dekan Fakultas Desain, Hukum dan Pariwisata menyerahkan bantuan kepada mahasiswa penerima hibah dari berbagai program.

Sebanyak 4 usaha mendapatkan dukungan dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kemudian, 3 usaha Darmajaya Startup Competition (DSC) Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Prodi Akuntansi, dan 3 usaha DSC PKKM Prodi Bisnis Digital.

Selanjutnya, terdapat 10 usaha terpilih dari DSC 2024 yang masing-masing tim menerima pendanaan modal usaha sebesar Rp10 juta. Total hadiah Rp100 juta berasal dari IIB Darmajaya.

Muprihan Thaib berharap bantuan ini akan menjadi pijakan yang kuat bagi mahasiswa wirausaha Darmajaya untuk tidak hanya unggul di Provinsi Lampung tetapi juga bersaing di tingkat nasional. “Semoga banyak lahir pengusaha nasional dari mahasiswa IIB Darmajaya,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek), Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., memaparkan peran Inkubitek sebagai wadah yang membekali mahasiswa untuk berbisnis. Lilla menjelaskan bagaimana Inkubitek menyediakan dukungan, pelatihan, dan fasilitas untuk membantu mahasiswa mengembangkan ide bisnis mereka menjadi usaha yang sukses. “IIB Darmajaya tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga menciptakan ekosistem yang menginspirasi mahasiswa untuk berkembang dan berinovasi dalam dunia bisnis,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Acara ini dilanjutkan dengan sesi berbagi pengalaman dari beberapa mahasiswa entrepreneur, termasuk pendiri Rocker Technology Innovation, Inslove Pastry and Cookies, dan Periasku. Mereka menceritakan perjalanan bisnis mereka, tantangan yang dihadapi, serta solusi yang ditemukan.

Hadir pula Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang mengapresiasi komitmen IIB Darmajaya dalam mencetak generasi wirausaha muda. Kehadiran HIPMI menambah semangat acara dan menegaskan dukungan komunitas bisnis terhadap upaya institusi dalam mendukung kewirausahaan.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam pada nomor 08117972244 atau 082306097566.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos