Bawaslu Lampung Deklarasikan Kampanye Pilkada Damai 2024

img
Deklarasi Kampanye Pilkada Damai 2024. Foto: Ikhsan

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung menggelar deklarasi kampanye Pilkada damai dalam rangka menyambut Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Lampung 2024. 

Acara itu berlangsung di Gedung Bagas Raya, Bypass Bandarlampung, pada Senin, (23-9-2024).

Ketua Bawaslu Lampung, Iskardo P. Panggar, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga kedamaian selama Pilkada berlangsung. 

Ia menyatakan bahwa Lampung memiliki modal sosial yang kuat dari nilai-nilai leluhur yang diwariskan, seperti yang tergambar dalam semboyan "Sang Bumi Ruwa Jurai." 

Modal sosial ini, menurutnya, bisa menjadi landasan untuk menciptakan Pilkada yang damai, meskipun suasananya sedikit panas sebab head to head (dua pasang calon).

"Pilkada merupakan momentum penting yang menentukan masa depan Lampung selama lima tahun ke depan," ujar Iskardo. 

"Kita harus menjunjung nilai-nilai seperti Fiil Pesengiri dan Nemui Nyimah Nengah Nyappur Sakai Sambayan dalam setiap prosesnya. Pilkada yang jujur akan membawa rakyat pada kemakmuran dan menghasilkan pemimpin yang baik," jelas Iskardo.

Iskardo menyampaikan, pada Pilkada kali ini pihaknya mengusung tema bertajuk Pilkada Jujur, Rakyat Makmur.

Selain itu, Iskardo mengingatkan bahwa tanggung jawab menjaga kedamaian tidak berhenti pada hari pemungutan suara saja, tetapi harus terus dijaga untuk menciptakan kondusivitas di Lampung pasca Pilkada. 

Ia berharap agar para calon tidak menyebarkan hoaks, isu SARA, atau ujaran kebencian.

"Harapan kita bersama adalah Pilkada 2024 berjalan damai, tanpa hoaks atau isu SARA. Pembagian bahan kampanye boleh dilakukan, tetapi harus dibatasi di bawah Rp100 ribu per orang, sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Dengan adanya deklarasi itu pihaknya sangat berharap seluruh pihak, baik calon maupun masyarakat, berkomitmen menjaga persatuan dan menjalani proses Pilkada dengan penuh kedamaian dan integritas.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengajak kepada semua masyarakat Lampung untuk menciptakan pilkada 2024 yang damai, jangan sampai adanya pilkada malah membuat masyarakat terpecah belah. 

Ia berkeyakinan bahwa Pilkada di Lampung akan terlaksana dengan damai, tentram, sejuk dan penuh Integritas. 

"Politik identitas dan politik sara akan saya sikat dan saya tidak main-main, karena bagi saya situasi Kamtibmas di Lampung cita cita dan harapan masyatakat di Lampung jauh lebih penting dari segalanya," tuturnya.

"Pilkada bisa berjalan aman damai sehingga mewujudkan demokrasi yang baik, tunjukkan ke masyarakat di luar Lampung bahwa Lampung harus bisa menjadi contoh dalam berdemokrasi dan bertoleransi," pesannya.

Ia berharap deklarasi Pilkada damai ini jadi awal yang baik untuk mewujudkan demokrasi yang aman damai dan berintegritas.

Turut hadir di acara tersebut, jajaran KPU Lampung, KPU Kota Bandarlampung, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, PJ Gubernur Lampung Samsudin Bawaslu kabupaten/kota serta Pasangan calon nomor urut 01 Arinal-Sutono dan nomor urut 02 Mirza-Jihan juga partai politik pengusung dan pendukung. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos