Pemkot Siapkan 5 Tempat Wisata di Kota Metro

img
Walikota Metro Achmad Pairin. Foto Ist

Harianmomentum.com--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menyiapkan lima titik yang akan dijadikan tempat wisata di Bumi Sai Wawai.

 

Kelima titik tersebut yakni, Samber Park, Taman KH Dewantara, Bumi Perkemahan, Dam Raman dan Taman Merdeka. 

 

"Pembangunan di lima tempat inilah yang kita optimalkan. Lima titik ini menjadi perwujudan visi Kota Metro sebagai wisata keluarga," jelas Walikota Metro Achmad Pairin, usai kegiatan Doa Bersama di Buper Kawasan Wisata Sumbersari Bantul Kamis (28/12). 

 

Dikatakannya, untuk pembangunan flying fox sepanjang 700 meter di Buper, Pemkot Metro mengalokasikan dana sebesar Rp 2 miliar.

 

"Dana itu khusus untuk pembangunan flying fox saja. Saat ini tiangnya dulu yang kita bangun, tahun depan baru sisanya," katanya. 

 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro Yerri Ehwan menuturkan, untuk penambahan lampu penerangan di Buper akan dilakukan secara bertahap. Sebab, penerangan di Buper saat ini masih minim. 

 

"Sebenarnya sudah ada. Lampunya menggunakan lampu solar cell, jadi ketika malam akan otomatis hidup," paparnya. 

 

Selain itu, untuk penyediaan tong sampah akan dianggarkan tahun 2018. Pasalnya, tempat sampah tersebut di Buper juga masih minim. Akibatnya, masih ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. 

 

Terpisah, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Metro Yulianto mengatakan, DPRD sangat mendukung upaya Pemkot Metro untuk membangun tempat wisata di Bumi Sai Wawai khususnya Buper. 

 

"Kita mendukung. Karena tahun 2018 Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Metro menganggarkan 2 milliar untuk pembangunan Flying Fox. Kalau kita tidak mendukung kan kita tidak anggarkan," katanya. 

 

Selain itu, DPRD juga mendorong agar pengembangan tempat wisata di Kota Metro bukan hanya fokus pada satu titik. 

 

"Intinya kita mendorong agar visi kota wisata keluarga itu bukan hanya menjadi slogan tetapi diwujudkan. Nanti insyallah, 2019 kita juga anggarkan untuk pembangunan Dam Raman. Agar jangan hanya fokus di satu tempat saja," imbuhnya. (pie) 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos