Marindo Minta Pers Jaga Netralitas dan Transparansi pada Pilkada 2024

img
Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan membuka Konferkab ke-VI PWI Kabupaten Pringsewu menandai dengan pemukulan gong di Hotel Urban. Foto. Ist.

MOMENTUM, Pringsewu--Penajbat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan meminta peran vital pers sebagai pilar demokrasi agar dapat  menjaga netralitas dan transparansi, khususnya pada pilkada serentak 2024.

Hal itu dikatakan Marindo saat membuka Konferensi Kabupaten (Konferkab) VI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pringsewu dUrban Azana Hotel Pringsewu, Jumat (27/9/2024).

"Saya atas nama pemerintah daerah setuju dengan tema Konferensi PWI Pringsewu yang mengambil yakni 'Peran Pers dalam Menjaga Netralitas dan Transparansi Pilkada Serentak 2024'. Ini sangat relevan dan penting,"ucapnya.

 Baca Juga: Joko Sulistyo Pimpin PWI Pringsewu Periode 2024-2027

Menurutnya, Media adalah mata dan telinga masyarakat, maka  diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat dan berimbang, serta mengawal proses demokrasi dengan jujur dan transparan. "Netralitas pers akan sangat menentukan kualitas demokrasi kita,"harapnya.

Marindo Kurniawan juga  berharap padan pelaksanaan  Konferkab ke-VI  PWI Pringsewu dapat menghasilkan keputusan-keputusan terbaik demi membawa kemajuan bagi PWI Kabupaten Pringsewu ke depan."Semoga program kerja yang telah disusun dapat memperkuat peran pers di Kabupaten Pringsewu,"imbuhnya

Sementara Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah menuturkan, berdirinya PWI Kabupaten Pringsewu pada 2009 hanya selisih 1 tahun dengan pembentukan Kabupaten Pringsewu yang berdiri 2008. 

"Hal ini membuktikan PWI Pringsewu ikut juga membangun Kabupaten Pringsewu sampai dengan saat ini,"ujarnya.

Wira berharap PWI bersama-sama pemerintah daerah dan stakeholder yang ada di Kabupaten Pringsewu terus memberikan berkontribusi, salah satunya dalam bentuk informasi, tidak hanya dalam bentuk informasi pembangunan atau yang lainnya, tetapi juga dalam bentuk kritik sosial.

"Karena itulah memang fungsi kami yang diamanatkan oleh Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999," katanya. 

Sedangkan Ketua PWI Kabupaten Pringsewu Agus Tri Wahyudi mengatakan Konferkab merupakan forum tertinggi di tingkat kabupaten kota untuk menentukan estafet kepemimpinan PWI Kabupaten Pringsewu selama 3 tahun mendatang.

"Saya berharap kepada kandidat terpilih agar dapat merangkul  semua anggota. Bawalah PWI Kabupaten Pringsewu dalam keadaan sejuk dan tingkatkan profesionalisme dalam berkarya,"harapnya.

Konferkab tersebut dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah dan jajarannya, forkopimda beserta instansi vertikal lainnya, pimpinan organisasi pers dan ormas serta tokoh masyarakat. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos