IIB Darmajaya Buka Peluang Mahasiswa Kuliah ke Polandia

img
Mahasiswa IIB Darmajaya antusias untuk kuliah ke Polandia.

MOMENTUM, Bandarlampung--Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya sukses menggelar seminar bertajuk Study and Scholarship in Poland bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Polandia untuk Indonesia, di Gedung Pascasarjana Lantai II IIB Darmajaya, Jumat (4-10-2024). Acara berlangsung meriah dan penuh antusiasme dari puluhan peserta yang bersemangat menggali lebih dalam mengenai peluang beasiswa dan studi di Polandia.

Perwakilan dari Kedutaan Besar Polandia, Lukas Tambunan selaku  pembicara utama dalam seminar ini, memaparkan berbagai alasan mengapa Polandia menjadi destinasi yang sangat menarik bagi mahasiswa Indonesia. “Polandia menawarkan sistem pendidikan berkelas dunia dengan biaya hidup yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, menjadikannya pilihan favorit bagi mahasiswa internasional,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Lukas yang merupakan specialist for political and economic affairs di kedutaan besar Republik Polandia di Indonesia, juga memperkenalkan Summer Program, sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional untuk mempelajari bahasa dan budaya Polandia selama musim panas, sebagai pengalaman berharga untuk pengembangan pribadi, akademis, dan karir.

Dalam kesempatan ini, ia juga menjelaskan program International Student Mobility Award (ISMA), sebuah beasiswa yang didanai oleh pemerintah Indonesia. Program ini memungkinkan mahasiswa Indonesia belajar di luar negeri selama satu hingga dua semester di universitas-universitas mitra internasional, termasuk Polandia. Diharapkan melalui program ini, semakin banyak mahasiswa yang dapat merasakan pengalaman akademis di lingkungan global.

Kepala International Office IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri, turut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya seminar ini. Ia menegaskan komitmen IIB Darmajaya dalam terus membuka akses dan memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang bercita-cita menempuh pendidikan internasional. “Melanjutkan pendidikan di luar negeri bukanlah hal yang mustahil. Yang diperlukan adalah ketekunan dalam mencari peluang, mempersiapkan diri, dan percaya bahwa kesempatan itu pasti ada untuk kalian semua,” ungkapnya.

Tak hanya bagi mahasiswa, Rahmalia juga menekankan bahwa Polandia menawarkan peluang emas bagi para lulusan doktoral untuk mengikuti program postdoctoral research. Program ini dinilai sangat penting dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan riset, terutama bagi para dosen IIB Darmajaya.

Dalam sambutannya Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D. yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., menegaskan bahwa Polandia merupakan destinasi studi yang sangat menjanjikan, dengan sistem pendidikan unggul serta berbagai kesempatan beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia. “Seminar ini adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa untuk memperluas wawasan dan meraih kesempatan berharga dalam pendidikan internasional,” harapnya.

Antusiasme para peserta terlihat jelas selama sesi tanya jawab, di mana mereka dengan aktif bertanya tentang berbagai detail mengenai beasiswa di Polandia. Seminar ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menyalakan harapan baru bagi para mahasiswa dan lulusan IIB Darmajaya untuk meraih mimpi menuntut ilmu dan melakukan penelitian di luar negeri. Seminar kemudian dilanjutkan dengan podcast yang disiarkan secara langsung di Instagram dan YouTube @iodarmajaya.(**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos