Komitmen Sejahterakan Masyarakat Lampung Barat, Arinal Bakal Optimalisasi Sektor Pertanian dan Pariwisata

img
Cagub Lampung nomor urut 1, Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Lampung--Calon Gubernur Lampung nomor urut 1, Arinal Djunaidi, berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat dan petani di Kabupaten Lampung Barat, dengan mengoptimalkan sektor pertanian dan pariwisata.

Menurutnya, Lampung Barat memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang luar biasa dan perlu dikembangkan, salah satunya sektor pertanian yang menghasilkan produk kopi sebagai komoditas unggulan.

“Kopi Lampung Barat sudah terkenal, namun kita harus terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitasnya agar lebih berdaya saing,” ujar Arinal saat acara Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) DPC PDIP Lampung Barat, dikutip Selasa (8/10/2024).

Arinal menambahkan pentingnya strategi untuk meningkatkan nilai jual dan daya saing kopi Lampung Barat. Untuk itu, Arinal akan memberikan akses permodalan dan teknologi bagi para petani. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing baik di pasar lokal maupun internasional.

“Kami akan mendukung petani kopi dengan akses ke teknologi, permodalan, dan pasar agar hasil kopinya semakin optimal,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Arinal mengatakan dukungan tersebut juga ditopang dengan memperluas jangkauan Program Kartu Petani Berjaya (KPB), yaitu program yang memberikan akses lebih baik terhadap permodalan, bibit unggul, pupuk, dan pasar bagi petani.

Calon gubernur yang diusung PDIP itu optimistis bahwa perluasan program ini akan membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

“Kartu Petani Berjaya telah terbukti membantu petani meningkatkan produktivitas. Kami berkomitmen untuk memperluas cakupan program ini agar lebih banyak petani, terutama di Lampung Barat, dapat merasakan manfaatnya,” jelasnya.

Selain itu, Arinal berupaya untuk menyejahterakan masyarakat lewat pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Barat dengan memanfaatkan hutan lindung seluas 500 hektare.

Arinal berencana menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat wisata alam yang berkelanjutan tanpa merusak lingkungan.

“Kita akan kembangkan sekitar 500 hektare kawasan hutan untuk pariwisata alam. Ini akan menjadi magnet baru bagi wisatawan dan berpotensi mendongkrak perekonomian masyarakat setempat tanpa merusak alam,” pungkasnya.

Dengan strategi pengembangan yang menyeluruh, ia berharap Lampung Barat dapat tumbuh menjadi kawasan yang mandiri secara ekonomi, serta menjadi daerah yang lebih dikenal di tingkat nasional dan internasional melalui peningkatan sektor-sektor unggulannya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos