Akselerasi Pembangunan Kota Baru: UIN Raden Intan Lampung Siap Bangun Fakultas Kedokteran dan Kesehatan

img
UIN Raden Intan Lampung Dukung Perwujudan Green and Smart City di Kota Baru

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam upaya mewujudkan Kota Baru Lampung sebagai Green and Smart City, langkah-langkah strategis dan implementatif terus digalakkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. 

Salah satunya melalui Diskusi Terfokus bertema “Akselerasi Perwujudan Centre of Excellence Pendidikan di Kawasan Kota Baru,” yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Lampung di Gedung Balai Keratun, Ruang Abung, Komplek Perkantoran Pemprov Lampung, Selasa, (08/10/2024).

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr H Alamsyah MAg, menjadi salah satu narasumber dalam diskusi tersebut. 

Dalam paparannya, Prof. Alamsyah menjelaskan rencana strategis UIN Raden Intan Lampung untuk mendukung pengembangan pendidikan unggul di kawasan Kota Baru melalui pembangunan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan.

Pendirian Fakultas Kedokteran dan Kesehatan di kawasan Kota Baru merupakan bagian dari strategi akselerasi pengembangan SDM di bidang kesehatan. Prof Alamsyah menjelaskan bahwa fakultas ini akan terdiri dari beberapa program studi unggulan, termasuk Administrasi Kesehatan, Kedokteran, Pendidikan Profesi Dokter, Keperawatan, dan Pendidikan Profesi Ners. 

Selain itu, pendirian fakultas ini diharapkan dapat mendorong pengembangan riset di bidang kesehatan. "Melalui kegiatan penelitian, kami berharap dapat berkontribusi dalam menemukan solusi atas berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat, khususnya di kawasan Kota Baru," lanjut Prof. Alamsyah.

Prof. Alamsyah menekankan bahwa pembangunan ini sejalan dengan filosofi dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 serta Pancasila, khususnya Sila Kedua dan Kelima. "Kami ingin memastikan bahwa UIN Raden Intan Lampung mampu memberikan kontribusi nyata dalam pemerataan pendidikan dan kesehatan yang adil serta beradab bagi seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Sebagai bentuk sinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung, UIN Raden Intan Lampung siap bekerja sama untuk memperkuat program kesehatan dan pendidikan di kawasan Kota Baru. "Kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas," jelas Prof. Alamsyah.

UIN Raden Intan Lampung juga berkomitmen untuk mendukung konsep green campus dan smart city di Kota Baru yang mengedepankan kampus hijau dan ramah lingkungan. Salah satu langkah yang telah diterapkan adalah mengurangi penggunaan plastik dan beralih ke paperless, serta pembangunan jalur hijau yang mendukung gaya hidup sehat dan bebas polusi di lingkungan kampus.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos