Pj Bupati Tanggamus Hadiri Gerakan Pangan Murah di Sumberejo

img
Penjabat (PJ) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menghadiri Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak se-Indonesia oleh Badan Pangan Nasional di Pekon Dadapan Kecamatan Sumberejo, Tanggamua, Rabu 16 Oktober 2024.

MOMENTUM, Sumberejo -- Penjabat (PJ) Bupati  Tanggamus Mulyadi Irsan menghadiri Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak se-Indonesia oleh Badan Pangan Nasional di Pekon Dadapan Kecamatan Sumberejo, Tanggamua, Rabu 16 Oktober 2024.

Mulyadi Irsan mengatakan gerakan ini merupakan kebijakan pemerintah sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi, stabilisasi pasokan pangan dan harga di seluruh Indoensia, termasuk di Kabupaten Tanggamus.

Seperti diketahui bersama, bahan pangan pokok, seperti beras dan minyak goreng, komoditas yang harganya mudah bergejolak. Sehingga mengakibatkan meningkatnya harga beras dan minyak di pasaran dan di tengah masyarakat.

Gerakan pangan murah, diharapkan dapat menstabilkan pasokan dan harga pangan, yang merupakan kunci menghadapi inflasi. Inflasi terjadi karena ada kesenjangan harga antara produsen dan konsumen yang disebabkan oleh terhambatnya distribusi pangan. Seperti hambatan pasokan, cuaca, biaya pengangkutan yang tinggi, kualitas infrastruktur, perilaku pedagang, dan pengelolaan stok. 

Kondisi tersebut yang seringkali menimbulkan terjadinya fluktuasi pasokan dan harga pangan, yang berakibat ketidakpastian harga pangan, baik di tingkat produsen maupun konsumen, yang pada akhirnya akan memengaruhi inflasi. 

Kegiatan GPM kali ini dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-44 Tahun 2024 yang mengangkat tema : “Right Foods for a Better Life and a Better Future”. 

Gerakan Pangan Murah dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus yang merupakan salah satu daerah yang turut serta dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di Indonesia. 

Kegiatan GPM ini juga dilaksanakan serentak dengan total ada 474 kegiatan GPM, yang melibatkan pemerintah pusat, 26 provinsi dan 144 kabuaten/ kota se-Indonesia. 

Diharapkan, Gerakan Pangan Murah turut membantu sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan inflasi dan menekan kerawanan Pangan di Kabupaten Tanggamus, ujarnya.

Turut hadir, Kepala Dinas KPTPH Provinsi Lampung, Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Lampung, Kepala Bulog Divre Lampung, Pj. sekretaris daerah, staf ahli bupati, asisten dan para kepala perangkat daerah, Kepala BPS Tanggamus, Perwakilan PT Domus Indonesia.

Juga, camat dan Panwascam Sumberejo; Camat Gisting dan Camat Pulaupanggung, para kepala pekon se-Kecamatan Sumberejo, Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia Kabupaten Tanggamus, Ketua Forum Sahabat KWT Kabupaten Tanggamus. (***)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos